Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Room - Peristiwa

Korban Tewas Longsor Citorek Lebak Bertambah Menjadi 11 Orang

Rabu, 07 Des 2016 | 20:34 WIB Dibaca: 2392 Pengunjung

Proses pencarian korban di lokasi longsor di bantaran Sungai Blok Blok Cikopo, Taman Nasional Gunung Halimu Salak (TNGHS), Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Rabu (7/12/2016). (Foto: Repro)

LEBAK, [NEWSmedia] - Korban tewas karena bencana longsor di bantaran Sungai Blok Cikopo, Taman Nasional Gunung Halimu Salak (TNGHS), Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, bertambah menjadi 11 orang.

Sebelumnya, empat korban ditemukan meninggal dunia tertimbun longsor, dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka, akibat tanah longsor menimbun saung tempat para gurandil  (penambang emas tanpa izin) beristirahat.

Kepala BPBD Lebak, Kaprawi mengatakan berdasarkan data Posko Bencana di Kecamatan Cibeber, penambang yang tewas menjadi sebanyak 11 orang, sedangkan korban luka 4 orang.

“Sekarang tim gabungan dari TNI, Polri, unsur pemerintahan desa, masyarakat menuju lokasi yang berada di tengah hutan. Diduga masih ada korban yang tertimbun,” kata Kaprawi, Rabu (7/12/2016).

Ia mengungkapkan, kendala di lapangan yakni jarak menuju lokasi dari permukiman relatif jauh, memakan waktu hingga 10 jam dan tidak bisa menggunakan kendaraan. Sebab, lokasi penambangan emas tanpa izin itu berada di tengah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

“Di situ memang penambangan ilegal, pemerintah dan pengelola hutan lindung juga sudah melarang, namun masyarakat masih tergiur dengan hasilnya,” ujar Kaprawi.

Sementara itu, Kapolsek Cibeber AKP Hero mengatakan, hingga saat ini proses pencarian masih dilakukan, karena diperkirakan masih ada kobrna tertimbun tanah longsor.

“Ada delapan korban yang teridentifikasi, tiga belum teridentifikasi. Sampai saat masih proses pencarian, karna diduga kuat masih ada korban,” katanya. [firman]

Berikut nama-nama korban meninggal dunia akibat longsor:

1. Juandi (39), Kp. Sukatani

2. Endi (25), Kp. Sukatani

3. Uhandi (40), Kp. Sukatani

4. Adta (49), Kp. Sukatani

5. Sahdi (34), Kp. Gunungbongkok

6. Uhen (34), Kp. Sukamaju

7. Endar (35), Kp. Sukamaju

8. Wahyudin (34) Kp. Pasir Nangka

9. Sudin (19), Kp. Pasir Pilar

10. Ojo (50), Kp. Pasir Pilar

11. Levi (49), Kp Lebak Larang

Korban luka-luka:

1. Nendi (30), Kp. Sukatani

2. Muslim (33), Kp. Pasir Pilar

3. Jumani (44) Kp. Pasir Pilar

4. Maya (34) Desa Kujangsari

Penulis: Firman Arief
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Korban Tewas Longsor Citorek Lebak Bertambah Menjadi 11 Orang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top