Selasa, 17 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Konsumsi Raspberry, Baik untuk Memperlancar Peredaran Darah

Sabtu, 14 Jul 2018 | 00:03 WIB Dibaca: 141 Pengunjung

[NEWSmedia] - Raspberry tidak hanya sekadar buah yang mempercantik makanan penutup, tapi juga bermanfaat besar bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian baru, raspberry sangat baik untuk darah dan membantu sirkulasinya.

Buah beri ini menunjukkan manfaat sehat yang menjanjikan ketika dilakukan uji coba yang melibat beberapa pria muda yang sehat.

Studi tersebut melibatkan pria berusia 18-35 tahun, yang masing-masing mengonsumsi minuman buah yang disiapkan dengan 200 gram dan 400 gram raspberry beku, atau minuman terkontrol yang disesuaikan dengan jus ini dalam hal warna, rasa, dan pecahan makronutriennya.

Minuman buah mengandung baik 201 atau 403 mg polifenol total (senyawa yang terdapat dalam tanaman, yang bermanfaat besar bagi tubuh manusia dan membantu melawan penyakit).

Para peneliti mengatakan, para pria yang terlibat dalam penelitian menunjukkan tanda perkembangan jangka pendek dalam fungsi pembuluh darah setelah mengonsumsi raspberry merah dalam jumlah yang diatur.

Mereka melihat efeknya pada pembuluh darah selama 2 kali 24 jam setelah konsumsi, dan menemukan bahwa mereka yang meminum minuman raspberry merah memiliki flow-mediated dilation (FMD), sebuah indikator untuk risiko penyakit jantung.

FMD meningkat secara signifikan dua jam setelah mereka meminum minuman raspberry dibandingkan dengan perubahan FMD pada mereka yang meminum minuman terkontrol dan hasilnya tetap sama setelah 24 jam.

Dan ternyata, jumlah raspberry merah yang dikonsumsi tidak berpengaruh, karena tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan di antara perkembangan FMS jika pria meminum 400 gram raspberi atau setengahnya.

"Studi ini menyatakan bahwa ellagitannins, sejenis senyawa alami yang ada di raspberry merah, memiliki peranan dalam mendorong pengaruh positif yang terlihat pada fungsi pembuluh darah para partisipan studi," ujar peneliti senior Doctor Ana Rodriguez-Mateos dari King's College London.

Riset ini, yang didanai sebagian oleh The National Processed Raspberry Council, dipublikasikan di jurnal Archives of Biochemistry dan Biophysyics.

"Kami senang dengan temuan ini dan apa yang mungkin buah ini bisa tambahkan ke dalam daftar manfaat mengonsumsi raspberry merah," ujar Tom Krugman, direktur eksekutif National Processed Raspberry Council. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Konsumsi Raspberry, Baik untuk Memperlancar Peredaran Darah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top