Sabtu, 23 Januari 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Konsumsi Kedelai Teratur Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Rabu, 02 Mei 2018 | 09:00 WIB Dibaca: 575 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Tiap wanita jelas sangat mendambakan punya bentuk tubuh yang ideal. Berat badan naik sedikit saja pasti langsung akan panik. Well, kamu bisa mencegah berat badan naik dengan konsumsi kedelai secara teratur lho Ladies. 

Menurut ahli kedelai dari Institut Pertanian Bogor, Prof. DR. Ir. Made Astawan, komponen-komponen di dalam kedelai tak hanya membantu memenuhi asupan gizi tapi juga membantu mencegah kenaikan berat badan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kedelai mengandung protein, vitamin, mineral, karbohidrat kompleks dengan tingkat indeks glikemik rendah. Tak cuma itu saja, ada pula kandungan serat pangan, isoflavon, antioksidan, dan komponen bioaktif lainnya.

Lalu bagaimanakah kedelai sangat bermanfaat dalam mencegah kenaikan berat badan? Ini karena kandungan serat pangan yang ada di dalamnya. Serat pangan ini tak bisa dicerna, karena itu lambung terasa penuh, sehingga orang tersebut tidak mudah merasa lapar, membuat perasaan kenyang. Perasaan kenyang tentu akan menekan nafsu makan. 

Kandungan isoflavon di dalam kedelai juga mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan obesitas karena berperan sebagai antioksidan. Indeks glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan kecepatan makanan dalam menaikkan gula darah. Dan, kedelai masuk dalam bahan pangan dengan IG rendah di angka 16. Kandungan ini bakal mengganggu metabolisme lemak, serta menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.

Mengonsumsi kedelai secara teratur ini juga wajib diimbangi dengan pola makan yang sehat dan juga banyak bergerak. Semoga bermanfaat ya Ladies. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Konsumsi Kedelai Teratur Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top