Sabtu, 24 Agustus 2019 |
News Gallery

Komunitas Motor Positif Atau Negatif? Baca ini

Jumat, 07 Okt 2016 | 13:00 WIB Dibaca: 853 Pengunjung

Anggota Vespa Tawangmangu saat melakukan kegiatan bersih-bersih.*

[NEWSmedia] - Bagi sebagian orang, sepeda motor bukan hanya sebagai alat transportasi semata. Namun,  motor sudah menjadi bagian dari hidup di pemiliknya, sehingga diperlakukan cukup istimewa.

Seperti motor jenis vespa misalnya. Meski berusia tua, namun vespa memiliki banyak penggemar yang bisa dibilang fanatik. Di Karanganyar ada komunitas pecinta vespa yang bernama Ikatan Vespa Tawangmangu (Ivet).

Ivet resmi berdiri pada September 1999, sehingga tahun ini genap berusia 17 tahun. Total jumlah anggotanya mencapai 114 orang.

“Bulan kemarin kami merayakan ulang tahun ke-17. Kami mengundang komunitas vespa se-eks Karesidenan Surakarta dan sekitarnya. Bahkan, teman-teman dari Magetan juga hadir. Padahal, undangan kami dadakan karena memang tidak ada sponsor. Biaya perayaan berasal dari iuran anggota,” kata Wakil Ketua Ivet Fendy Rovia belum lama ini.

Disampaikannya, Ivet hanya terbuka bagi pemilik vespa klasik yang berada di daerah Tawangmangu.

Meski begitu, mereka tidak lantas menutup komunikasi dengan para pemilik vespa di luar Tawangmangu.

Lebih lanjut, latar belakang pendirian Ivet selain sebagai wadah berorganisasi dan bersilaturahmi, juga karena jarak antara Tawangmangu dengan Karanganyar Kota yang cukup jauh.

“Kalau gabung ke Karanganyar Kota, nanti kalau mau kumpul-kumpul atau kopi darat (kopdar)  jauh,” kata Fendy.

Selain kopdar dan touring, Ivet juga rutin menggelar kegiatan sosial, seperti membersihkan sampah di daerah wisata dan penanaman pohon.

Apalagi Tawangmangu dikenal sebagai objek wisata yang menjadi ikon Karanganyar dan ramai dikunjungi wisatawan.

“Ivet berinisiatif untuk menjadi relawan sapu bersih sampah di Tawangmangu. Apalagi masih banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke objek wisata. Kami juga rutin melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Lawu agar hutannya tidak gundul,” terangnya. Kegiatan penanaman pohon itu rutin digelar setiap tahun, dan tahun ini masuk tahun kedua. [jls/05]

Penulis: Nm
Editor: Redaktur-02
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Komunitas Motor Positif Atau Negatif? Baca ini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top