Jumat, 10 April 2020 |
News Room - Hukum

Komplotan Penipu PPDB di Tangerang, Dibekuk Polisi

Jumat, 14 Jul 2017 | 17:17 WIB Dibaca: 1695 Pengunjung

Pelaku yang diamankan oleh petugas Polsek Jatiuwung.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Tiga orang pelaku penipuan yang mengaku calo Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tangerang, dibekuk aparat Polsek Jatiuwung, Rabu (12/7). Ketiganya ditangkap atas laporan korban yang ditipu pada 2016 lalu.

WS, BH, dan Z, ditangkap karena dilaporkan oleh Rita, yang merupakan korban praktek percaloan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Tangerang. Rita menjadi korban percaloan PPDB berawal dari meminta tolong kepada WS untuk meloloskan anaknya di salah satu SMA Negeri di Kota Tangerang. WS menyanggupi dengan imbalan meminta imbalan Rp22 juta.

"Kasus ini terjadi sejak 2016. WS berperan mencari korban yang ingin masuk sekolah negeri favorit, yakni SMPN 8 Tangerang. Lalu, BH yang berperan meyakinkan korban bahwa ia memiliki orang dalam untuk mempermudah proses transaksi. Sedangkan, Z hanya membantu operasional saja," ujar Kapolsek Jatiuwung, Kompol Agung Budi Laksono, Jum'at (14/7/2017).

"Korban baru melaporkan sekarang dengan kerugian materi Rp22 juta," katanya.

Uang senilai Rp22 juta tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yakni WS mendapat jatah sebesar Rp18 juta, sementara Y mendapat jatah Rp2 juta, dan Z mendapat Rp2 juta.

"Mereka menjanjikan anak korban untuk bersekolah di SMA Negeri dengan membayar sejumlah uang. Setelah membayar, bukannya sekolah malah tertipu, anaknya pun tidak masuk ke sekolah tersebut," kata Agung. 

Setelah menerima uang, pelaku BH kabur ke Palembang. Namun berhasil ditangkap oleh jajaran Polsek Jatiuwung. Tidak lama kemudian setelah kembali dikembangkan didapati WS dan Z di dua lokasi berbeda di wilayah Perumnas dan Uwung Jaya, Kota Tangerang. 

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP penipuan dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara. [Red]

Penulis: Red/**
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Komplotan Penipu PPDB di Tangerang, Dibekuk Polisi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top