Senin, 19 Agustus 2019 |
News Room - Pemerintahan

Komisi Irigasi Kabupaten Serang Dikukuhkan, Ini Fungsinya

Rabu, 10 Jul 2019 | 18:29 WIB Dibaca: 288 Pengunjung

Pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Rabu (10/7/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengukuhkan Komisi Irigasi Kabupaten Serang di Pendopo Bupati Serang, Rabu (10/7/2019).

Menurut Tatu, Komisi Irigasi merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Permen PUPR) Nomor 17/PRT/M/2015 untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.

“Intinya, pemerintah pusat dan kita sama-sama sepakat bahwa persoalan pangan ini krusial dan harus fokus,” kata Tatu awak media.

Salah satu fungsi Komisi Irigasi, lanjut Tatu, adalah sebagai komunikator antara petani dengan pemerintah tentang kebutuhan irigasi atau air untuk pertanian.

"Contohnya, ketika Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung Cidanau Cidurian (BBWSC3) akan merehabilitasi induk Bendung Pamarayan atau irigasi, harus terlebih dahulu dikomunikasikan bersama melalui Komisi Irigasi," jelasnya.

Tatu menuturkan, proses rehabilitasi irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, terkadang membuat keributan di kalangan petani, sebab ada pengaturan air yang masuk ke irigasi serta mengganggu area pertanian.

“Jika ada komisi ini, akan duduk bersama dan mengatur bersama jadwalnya. Ada pengaturan jika ada penyetopan air ke irigasi, dan ini dikomunikasikan bersama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Komisi Irigasi Kabupaten Serang merupakan lembaga yang di dalamnya terdapat perwakilan pemerintah daerah, mulai dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pertanian, unsur akademisi, gabungan kelompok petani (Gapoktan) serta Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). 

Selanjutnya, komisi ini akan menjadi lembaga yang melakukan koordinasi dan komunikasi terkait pengaturan serta pemanfaatan irigasi di seluruh wilayah Kabupaten Serang. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Komisi Irigasi Kabupaten Serang Dikukuhkan, Ini Fungsinya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top