Senin, 28 Mei 2018 |
Highlight - News Community

KNPI Kabupaten Serang Ajak Pemuda dan Mahasiswa Waspadai Kebangkitan PKI di Banten

Kamis, 22 Des 2016 | 22:32 WIB Dibaca: 1091 Pengunjung

Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Serang Eeng Kosasih (kiri) memberikan piagam kepada pemateri acara Dialog Pemuda 'Peran Pemuda dalam Mengantisipasi Kebangkitan PKI’ yang digelar, Kamis (22/12/2016).*

SERANG [NEWSmedia] - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Serang memberikan perhatian terhadap bahaya komunisme yang belakangan ini ramai menjadi perbincangan di masyarakat.

Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Serang, Eeng Kosasih mengatakan, isu komunisme yang berkembang belakangan ini, sedang hangat dibicarakan di ruang-ruang publik. Menurutnya, masyarakat harus memahami dan kritis dalam menyikapi munculnya isu komunisme tersebut.

“Kalau pertanyaannya apakah PKI ini bangkit lagi? Maka saya menjawab bisa saja iya, kalau kita melihat simbol-simbol yang muncul hari ini di ruang-ruang publik lebih-lebih di media sosial". kata Eeng Kosasih dalam sambutan membuka acara dialog ‘Peran Pemuda dalam Mengantisipasi Kebangkitan PKI’, Kamis (22/12/2016).

Melalui dialog tersebut, KNPI Kabupaten Serang mengajak masyarakat, khususnya pemuda dan mahasiswa serta pelajar, untuk mewaspadai munculnya gerakan dan paham-paham komunisme di wilayah Serang, umumnya di Provinsi Banten.

Menurut Eeng, paham komunis tentu sangat bertentangan dengan Ideologi Bangsa Indonesia, dan jelas dilarang di Indonesia melalui TAP MPR.

“Ideologi bangsa kita kan Pancasila, maka kita perang melawan komunisme, karena tidak sesuai dengan dasar Negara kita sesuai dengan TAP MPR. Kebangkitan PKI harus diwaspadai,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada pemuda di Kabupaten Serang untuk tetap solid dan menjaga keutuhan Negara Indonesia, serta waspada dengan bangkitnya PKI di tengah masyarakat Banten. “Apabila menemukan adanya tanda-tanda bahaya laten komunis, segera laporkan kepada pihak berwajib,” pintanya.

Acara dialog yang diikuti pemuda, mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Serang ini menghadirkan pembicara Sejarawan Banten Nadjmudin Busro, dan Laksamana TNI Purn, Slamet Soebijanto.

Laksamana TNI Purn, Slamet Soebijanto mengatakan bangsa Indonesia harus bangga, karena indonesia adalah bangsa yang besar dengan jumlah populasi penduduk yang banyak dan memiliki wilayah yang luas, serta kekayaan alam yang melimpah.

“Dalam menghadapi persoalan seperti adanya kebangkitan PKI atau paham komunisme di Indonesia, tentu kita sebagai bangsa indonesia  harus memiliki karakter kepribadian yang kuat, solid, dan kompak. Persoalan paham komunisme adalah masalah yang serius yang saat ini dihadapi oleh bangsa indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Sejarawan Banten Nadjmudin Busro juga mengatakan bahwa kebangkitan PKI atau paham komunisme di Indonesia merupakan salah satu upaya untuk memecah belah NKRI.

“Negara yang menganut paham komunis jelas sudah masuk ke Indonesia. Dengan banyaknya populasi warga negara yang menganut paham tersebut, itu artinya ada indikasi bahwa negara yang menganut paham komunis, akan merebut kedaulatan bangsa ini. Ideologi pancasila kita mungkin diganti dengan ideologi komunis,” ujar Nadjmudin. [ifal]

Penulis: Syahrifal Fahlevi
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KNPI Kabupaten Serang Ajak Pemuda dan Mahasiswa Waspadai Kebangkitan PKI di Banten
POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top