Senin, 06 Juli 2020 |
News Room - News Gallery

Kloter Pertama, 6.025 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Hari Ini

Senin, 27 Agt 2018 | 14:03 WIB Dibaca: 399 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sebanyak 6.025 jemaah haji dari 12 kloter akan mengawali kepulangan perdana ke Tanah Air pada hari ini Senin, 27 Agustus 2018. Kloter pertama yang akan diterbangkan dari Bandara Jeddah ke Tanah Air adalah 450 jemaah asal Palembang dari PLM-1. Disusul kloter dari Makassar, Bekasi, Solo dan Jakarta-Pondok Gede.

Jemaah akan berangkat dari Bandara King Abdulaziz Jeddah pada Senin pagi (waktu Arab Saudi), menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dan diharapkan tiba di Tanah Air pada Senin malam.

Dilansir Media Center Haji, Minggu, 26 Agustus 2018, untuk kelancaran proses imigrasi dan bagasi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah memberikan jeda waktu 6 jam di bandara. Mereka diberangkatkan dari hotel di Mekah 8 jam sebelum jadwal take off, untuk memberikan kesempatan mengecek barang bawaan.

Kepala Daerah Kerja Mekah Endang Jumali mengatakan pihaknya telah membuat surat edaran Nomor 402/DK.MAK/8/2018 tanggal 14 Agustus 2018 yang ditujukan kepada seluruh jemaah haji. Dalam surat tersebut, Endang membuat 8 ketentuan penimbangan bagasi dan barang bawaan.

"Salah satunya dilarang memasukkan Air Zamzam dalam koper (bagasi) dan membawa cairan seperti parfum melebihi 100 ml," kata Endang.

Menurutnya, jemaah akan mendapatkan Air Zamzam di debarkasi masing-masing setibanya di Tanah Air.
"Ada jatah 5 liter bagi tiap jemaah," ujarnya.

Ia menambahkan jatah Air Zamzam tersebut berasal dari maskapai dengan ketentuan mengacu pada kontrak kerja antara Kementerian Agama dan pihak maskapai penerbangan, termasuk mengatur ketentuan Air Zamzam yang boleh dibawah jemaah haji di dalam pesawat.

Ketentuan lainnya dalam surat itu diantaranya tempat dan waktu penimbangan dilakukan sesuai dengan penempatan hotel jemaah. Penimbangan bagasi akan dilakukan 48 jam sebelum take off pesawat, jemaah haji hanya diperbolehkan membawa tas paspor, tas tentengan (tas kabin) dengan berat maksimal 7 kg dan koper (bagasi) dengan berat maksimal 32 kg.

Selain itu, perusahaan penerbangan hanya akan mengangkut tas tentengan dan koper yang diberikan oleh penerbangan. Jemaah dilarang membawa cairan melebihi 100 ml dalam tas tentengan kecuali obat-obatan, benda yang mengandung aerosol, gas, magnet, senjata tajam dan mainan yang menggunakan baterai harap dilepas.

"Koper yang masuk bagasi juga dilarang menggunakan pelindung net atau jaring tali tambang," terang Endang.

Sementara itu, gelombang pertama kepulangan jemaah haji dari Jeddah ke Tanah Air akan dilakukan secara bertahap hingga 7 September 2018 nanti. Sedangkan gelombang kedua dari Madinah akan dipulangkan mulai tanggal 8 September 2018 sampai dengan 24 September 2018. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kloter Pertama, 6.025 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Hari Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top