Jumat, 30 Oktober 2020 |
News Room - Pendidikan

KKM Unbaja Dorong Keberadaan PPID Tingkat Desa

Kamis, 23 Agt 2018 | 10:29 WIB Dibaca: 553 Pengunjung

Sosialisasi KI Banten di Kecamatan Mancak, Selasa (21/8/2018). [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Universitas Banten Jaya (Unbaja) bekerjasama dengan Komisi Informasi Provinsi Banten untuk mendorong keterbukaan Informasi publik di tiga kecamatan di Kabupaten Serang, yaitu Kecamatan Mancak, Anyer dan Cinangka.

Hal tersebut dilakukan untuk melaksanakan pendampingan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat desa-desa di kecamatan tersebut.

"Keterbukaan informasi bukan hal yang harus ditakuti, karena dengan keterbukaan informasi akan mendorong pelaksanaan pemerintahan desa yang baik," kata Komisioner KI Banten, Hilman di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Selasa (21/8/2018).

Ia menjelaskan, dengan dibukanya akses masyarakat terhadap informasi publik, akan mendorong peran serta atau partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di desa.

"Keterbukaan informasi pemerintahan desa akan menghilangkan kecurigaan, atau rumor negatif masyarakat terhadap pelaksana pemerintahan desa dan juga melindungi hak atas informasi bagi masyarakat dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," jelasnya.

Ia juga menegaskan, dengan adanya keterbukaan dan akses informasi publik, akan meningkatkan hubungan yang lebih baik antara Pemerintah Desa dengan masyarakat sekaligus meningkatkan kepercayaan (masyarakat) kepada Pemerintah Desa.

"Selain itu juga bisa mencegah korupsi dan penyalahgunaan informasi," tegasnya.

Sementara itu, perwakilan dari kecamatan Mancak, Arsad mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, sebab menurutnya, hal itu dapat membantu meningkatkan penyediaan informasi kepada masyarakat.

"Merasa bersemangat dan senang dikarenakan banyak mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKM di Kecamatan Mancak, dan mengharapkan pada mahasiswa untuk dapat membantu peningkatan penyediaan informasi penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan Mancak," pungkasnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

KKM Unbaja Dorong Keberadaan PPID Tingkat Desa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top