Selasa, 04 Agustus 2020 |
News Gallery - Newstainment

Kisah Manis di Balik Kekurangan Fisik Dalam Film 'Wonder'

Sabtu, 16 Des 2017 | 19:15 WIB Dibaca: 839 Pengunjung

Tokoh utama film wonder.*

[NEWSmedia] - Meski hanya sekilas pandang, orang pasti akan langsung sadar bahwa Auggie (Jacob Tremblay) bukan bocah biasa. Bukan hanya karena ia begitu tergila-gila pada ilmu sains, astronot, atau khayalannya yang ketinggian tentang Chewbacca di Star Wars.

Sejak lahir, Auggie menderita sindrom Treacher Collins yang membuat wajahnya menjadi tak berkembang sempurna. Bahkan setelah menjalani sekian banyak operasi, Auggie masih bisa membuat balita menangis setelah melihat wajahnya.

Tak heran ayah (Owen Wilson) dan ibu Auggie (Julia Roberts) menjadi begitu protektif pada Auggie. Sang ibu bahkan mengorbankan kuliah S-2 yang ia jalani demi mengurus dan memberikan homeschooling untuk Auggie. Namun kian besar, sang ibu memutuskan bahwa ini adalah waktunya Auggie untuk melihat dunia. Kelas lima, akan menjadi saat pertama bagi Auggie untuk mencicipi sekolah umum. Untuk pertama kali, ia bertemu dengan teman sebaya, seperti Jack Will (Noah Jupe), Julian (Bryce Gheisar), Charlotte (Elle McKinnon), dan Summer (Millie Davis).

Tentu ini adalah hal besar, tak hanya untuk Auggie, namun juga keluarganya. Di tengah kehebohan keluarga saat menyambut hari besar Auggie, sang kakak perempuan, Via (Izabela Vidovic) sekali lagi tersingkirkan.

Sejak kelahiran Auggie, Via selalu terbiasa menjadi bayangan sang adik. Sementara Auggie, adalah matahari yang menjadi pusat tata surya dalam keluarganya. Padahal, gadis muda ini juga tengah menghadapi gejolak dalam kehidupannya. Sahabat terbaiknya, Miranda (Danielle Rose Russell) tiba-tiba menjauh darinya. Sementara ia tak sengaja berbohong bahwa ia adalah anak tunggal di depan cowok yang ia sukai.

Wonder, adalah film yang diangkat novel berjudul sama karya R.J. Palacio, dan diarahkan oleh sutradara The Perks of Being Wallflower, Stephen Chbosky. Yang menarik, film ini dikemas layaknya bab per bab dalam sebuah buku. Sejumlah karakter seperti Auggie, Via, Miranda, dan Jack Will, mendapat satu bagian tersendiri, yang memperlihatkan sudut pandang mereka.

Salah satu kelebihan film ini, adalah performa para bintangnya. Tak hanya para artis senior seperti Julia Roberts atau Owen Wilson, penampilan para bintang cilik dalam film ini pun begitu cemerlang. Jacob Tremblay—yang aktingnya sudah teruji lewat film Room tahun lalu—masih mampu menyampaikan emosi karakter Auggie meski wajahnya ditutupi prosthetic. Penampilan Tremblay diimbangi oleh Noah Jupe yang memerankan Jack Will dengan pas.

Film Wonder yang sedang ditayangkan di bioskop Tanah Air ini, bisa dibilang sebagai sebuah film drama keluarga yang ringan, namun memiliki muatan yang cukup berbobot. Satu kalimat yang bisa merangkumnya, adalah film ini berusaha membawa rasa hangat dan keyakinan bahwa kebaikan di hati manusia itu, nyata adanya.

Lihat saja, nyaris semua karakter dalam film ini memiliki hati yang baik, meski kadang berbuat salah atau menyimpan rasa iri. Namun semuanya diselesaikan layaknya dalam buku pendidikan moral di sekolah. Mereka rela berkorban demi orang terdekat atau berani melawan kekuasaan uang demi menegakkan keadilan.

Di satu sisi, ini membuat konflik film cenderung terasa datar—bahkan malah utopis. Satu masalah yang muncul, diselesaikan dengan relatif gampang dan tak butuh waktu lama. Namun di sisi lain, hal tersebut memang membuat Wonder terasa penuh dengan kehangatan. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kisah Manis di Balik Kekurangan Fisik Dalam Film 'Wonder'
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top