Senin, 30 November 2020 |
News Room

Kirab Merah Putih Ramaikan Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Banten

Selasa, 30 Okt 2018 | 16:19 WIB Dibaca: 610 Pengunjung

Kirab Merah Putih peringatan Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (30/10/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ribuan pemuda dari berbagai elemen di delapan kota/ kabupaten se-Provinsi Banten ikut meriahkan acara Kirab Merah Putih dalam rangka Perayaan Hari sumpah Pemuda di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (30/10/2018).

Dilepas oleh Kapolda Banten, Brigjen Pol Teddy Minahasa dan Abuya Muhtadi bin Dimyati beserta tokoh pemuda lainnya, ribuan pelajar tersebut konvoi mengelilingi jalan protokol Kota Serang.

"Salah satu yang melatar belakangi kegiatan ini adalah isu pembakaran bendera HTI di Garut yang dipelintir golongan tertentu seakan yang dibakar itu adalah bendera tauhid," kata Teddy kepada awak media.

Ia menjelaskan, dalam konteks peringatan sumpah pemuda, pihaknya ingin menegaskan kembali bahwa bangsa Indonesiahir dan didirikan serta dibesarkan atas kesepakatan beberapa pihak, baik tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen bangsa lainnya.

"Segala hal yang berbeda, disepakati dalam konteks Kebangsaan, yaitu Bangsa Indonesia, dalam konteks tumpah darah, yaitu tanah Indonesia, dalam konteks bahasa kesatuan, yaitu bahasa Indonesia," jelasnya.

Ia menuturkan, acara tersebut merupakan salah satu acara untuk mengetuk hati para pemuda di Banten untuk bertanggungjawab dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal yang positif.

"Kalau ada upaya menggantikan ideologi Pancasila, pemuda saya ketuk hatinya untuk bangkit melawan itu semua, pemuda harus bertanggungjawab mengisi kemerdekaan ini, mereka tidak mengalami perjungan dulu, tapi sekarang tinggal mengisis kemerdekaan dengan yang positif," tegasnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya bersama seluruh elemen masyarakat Banten sepakat untuk menjaga persatuan bangsa dan keutuhan NKRI serta menjaga kondusifitas kemananan di wilayah hukum Polda Banten.

"Kami sepakat, tokoh agama, tokoh oemuda, masyarakat danseluruh  elemen masyarakat Banten kita kan tetap menjaga persatuan bangsa dan keutuhan NKRI dan menjaga kondusifitas kemananan di Banten," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kirab Merah Putih Ramaikan Perayaan Hari Sumpah Pemuda di Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top