Jumat, 20 Juli 2018 |
News Room - Politik - Pemerintahan

Kiprah dan Karier Politik Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Termuda di Indonesia

Jumat, 12 Mei 2017 | 22:57 WIB Dibaca: 2275 Pengunjung

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.*

BANTEN, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo, Jumat (12/5/2017) sore, melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dari lima provinsi hasil Pilkada 2017. Mereka yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat dan seorang Wakil Gubernur Riau yang sebelumnya kosong.

Dari lima kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik tersebut, Andika Hazrumy menjadi wakil gubernur termuda. Wakil dari Gubernur Banten Wahidin Halim itu, kini usianya baru 31 tahun.

Sebelumnya, rekor kepala daerah termuda di Indonesia dipegang oleh Muhammad Ridho Ficardo, yang terpilih menjadi Gubernur Lampung periode 2014-2019. Ridho dilantik pada 2 Juni 2014 yang saat itu berusia 33 tahun.

Untuk jabatan Wakil Gubernur di Indonesia, baru Andika Hazrumy yang termuda. Putra pertama mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu, lahir pada 16 Desember 1985.

Andika Hazrumy yang sebelumnya menjabat Anggota DPR-RI, pada Pilkada Banten 2017 menjadi wakil dari Wahidin Halim. Pasangan ini berhasil mengalahkan calon petahana, Rano Karno yang diusung PDI-Perjuangan, PPP dan NasDem.

Perjalanan dan karier Andika Hazrumy di dunia politik, diawali sejak Pemilu 2009. Di usia 24 tahun, politisi Partai Golkar ini sudah terpilih menjadi senator (Anggota DPD-RI). Kemudian pada Pemilu 2014, Andika terpilih menjadi Anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Banten I (Pandeglang-Lebak).

Tiga tahun menjadi wakil rakyat Banten di pusat, Andika yang menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Banten itu, akhirnya kembali mengabdikan diri ke Banten.

Kini, di usianya yang ke-31 tahun, Andika diberi amanah untuk memimpin Banten menjadi wakil gubernur mendampingi Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Ditemui usai dilantik di Istana Negara, Andika mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Banten yang telah memberi amanat kepada dirinya dan Wahidin Halim untuk mengelola pemerintahan Provinsi Banten.

Terkait tugas di pemerintahan, Andika menjelaskan, tugas gubernur dan wakil gubernur tentunya sudah diatur undang-undang.

“Yang terpenting saya dan Pak Wahidin Halim dapat berkolaborasi untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Banten sejahtera dan berakhlakul karimah, sebagaimana visi misi kami," tutur Andika.

Menurutnya, ada beberapa permasalahan prioritas yang harus disikapi yaitu kualitas pendidikan dan kesehatan. Khusus untuk kesehatan, seperti yang dijanjikannya saat kampanye, yaitu pelayanan kesehatan gratis hanya dengan menunjukan KTP Banten.

"Program itu sudah dipersiapkan. Perlu pendataan, verifikasi, dan hal lain agar program itu tepat sasaran," ujar Andika.

Visi Misi Wahidin-Andika lainnya yaitu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, serta akuntabel dan transparan. Untuk menunjang visi misi tersebut, kata Andika, Pemprov Banten akan menerapkan program e-government.

"Program e-planning, e-budgeting dan e-controling. Kami ingin mewujudkan pemerintahan yang partisipatif, masyarakat bisa mengakses dan mengontrol program, termasuk pengelolaan anggaran," ujarnya.

Berikut Visi Misi lengkap Wahidin-Andika:
1. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).
2. Membangun dan meningkatkan kualitas infrastruktur.
3. Meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan berkualitas.
4. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan berkualitas.
5. Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Visi misi tersebut dijabarkan dalam prioritas program yang diuraikan secara rinci. Mulai dari penerapan e-planning, e-monev, e-budgeting, kemudian pembangunan 2.016 ruang kelas baru/168 unit sekolah untuk jenjang SMA dan SMK, pembangunan rumah sakit umum menjadi rumah sakit rujukan regional, pembangunan 273.000 meter ruas jalan provinsi yang rusak total 852.000 meter, layanan kesehatan denga menggunakan KTP, hingga penciptaan iklim investasi. [rhd]

Editor: Rapih Herdiansyah
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kiprah dan Karier Politik Andika Hazrumy, Wakil Gubernur Termuda di Indonesia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top