Selasa, 26 Mei 2020 |
News Room

KI Dorong Keterbukaan Tahapan Pilkada Serentak di Banten

Senin, 03 Feb 2020 | 13:20 WIB Dibaca: 292 Pengunjung

Pertemuan antara KI, KPU dan Bawaslu Banten, Senin (3/2/2020).

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten mendorong keterbukaan informasi pada tahapan Pilkada serentak di Wilayah Banten tahun 2020.

Ketua KI Banten Hilman mengatakan, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi (PerKI) Nomor I Tahun 2019 tentang Standar Layanan dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu dan Pemilihan.

"Pasal 1 butir 20 mengatakan Daftar Informasi Publik Pemilihan Umum dan Pemilihan yang selanjutnya disebut DIP Pemilu dan Pemilihan adalah catatan yang berisi keterangan secara sistematis tentang seluruh Informasi Pemilihan Umum dan Pemilihan yang berada di bawah penguasaan Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan, tidak termasuk informasi yang dikecualikan," kata Hilman saat bertemu dengan KPU dan Bawaslu Banten, Senin (3/2/2020).

Sementara Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyul Furqon menyambut baik undangan Komisi Informasi Banten dalam mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada penyelenggaraan Pilkada serentak di Provinsi Banten. 

“Terdapat 4 (empat) kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada pada tahun 2020, dan dalam regulasi KPU sudah memiliki PKPU 1 tahun 2015 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum”, ujarnya.

Demikian halnya Ketua Bawaslu Banten Didih M. Sudi mengapresiasi dorongan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan Pilkada. Didih mengaku bahwa secara kelembagaan selalu mengajak seluruh komponen pengawas melaksanakan pengawasan dengan semangat keterbukaan.

"Sehingga dengan adanya rencana Komisi Informasi membangun MoU Pelaksanaan Keterbukaan dalam penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Banten, ini adalah bentuk komitmen untuk hal itu," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

KI Dorong Keterbukaan Tahapan Pilkada Serentak di Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top