Kamis, 06 Agustus 2020 |
News Room

KI Dorong Desa-desa di Banten Miliki Website Resmi dan Terintegrasi

Kamis, 16 Jul 2020 | 21:38 WIB Dibaca: 291 Pengunjung

Rakor Monev di KI Banten, Kamis (16/7/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Informasi (KI) Banten mendorong agar desa-desa di Provinsi Banten memiliki website resmi dan terintegrasi dengan pemerintah daerah.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua KI Banten, Toni Anwar Mahmud setelah Rakor Monitoring dan Evaluasi di Kantor KI Banten, Kamis (16/7/2020).

"Berdasarkan hasil rakor monev, kami mendorong agar seluruh desa di Banten punya website sendiri dan terintegrasi dengan pemerintah daerah masing-masing," kata Toni.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di empat kabupaten di Banten, yaitu Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, sebagian besar desa di Banten belum memiliki website.

"Di Kabupaten Tangerang misalnya, mereka belum memiliki website resmi sehingga menjadi masalah tersendiri dalam upaya melaksanakan Perki nomor 1 tahun 2018. Tapi di Kabupaten Lebak sudah punya website resmi, namun belum terintegrasi dengan website Pemerintah Kabupaten Lebak," jelasnya.

Ia menegaskan, sesuai dengan Pasal 8 PerKI nomor 1 tahun 2018 tentang SLIP Desa mengamanatkan dibentuknya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di mana Kepala Desa dapat menunjuk dan menetapkan Sekretaris Desa sebagai PPID Desa dan Kepala Desa merupakan atasan PPID Desa.

“Desa yang dimonitoring adalah desa yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten masing-masing, dengan kriteria, desa yang ditunjuk sebanyak tiga desa, memiliki kepala desa dan sekretaris desa definitif, perangkat desa yang lengkap serta telah memiliki web yang tertintegrasi dengan web resmi pemerintah kabupaten masing-masing," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

KI Dorong Desa-desa di Banten Miliki Website Resmi dan Terintegrasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top