Rabu, 01 April 2020 |
News Room

KI Banten Minta Identitas Pasien Suspect Corona Dilindungi

Minggu, 22 Mar 2020 | 09:25 WIB Dibaca: 282 Pengunjung

Ketua KI Banten, Hilman. [Instagram @kipbanten]*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten meminta agar identitas atau data pribadi orang dalam mengawasann(ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan yang Suspect Corona agar dilindungi.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KI Banten Hilman melalui keterangan tertulisnya yang diterima NEWSmedia, Sabtu (21/3/2020) malam.

"Kami perlu mengingatkan Pemerintah Provinsi Banten untuk dapat melindungi informasi pribadi, baik ODP, PDP dan Suspect Pasien Positif Covid-19 dan mereka yang sembuh adalah informasi dikecualikan yang bersifat ketat dan terbatas," kata Hilman.

Hilman menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan pernyataan KI Pusat bahwa informasi pribadi ini wajib dijaga dan dilindungi dan hanya bisa dibuka atas izin yang bersangkutan atau berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pelanggaran atas penggunaan informasi publik bersifat pribadi atau data pribadi ini dapat dikenai sanksi hukum sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku," jelasnya.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib mengelola informasi terkait Covid-19 sebagai informasi serta merta yang penyampaiannya tidak boleh ditunda karena dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum.

"Informasi serta merta ini harus mudah diakses, disusun dengan sederhana dan dalam bahasa yang mudah dipahami," terangnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat Banten untuk tenang, tidak panik dan terus meng-update informasi resmi yang disampaikan pemerintah, serta waspada terhadap informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan (hoaks dan disinformasi).

"Masyarakat dianjurkan untuk mengikuti semua Protokol Pencegahan yang telah disusun oleh pemerintah," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KI Banten Minta Identitas Pasien Suspect Corona Dilindungi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top