Sabtu, 05 Desember 2020 |
News Gallery

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan, Apa Saja?

Selasa, 29 Mei 2018 | 03:02 WIB Dibaca: 442 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Ada banyak amalan yang akan Allah SWT lipat gandakan jika kalian lakukan di bulan Ramadan. Tak hanya sholat dan puasa tapi juga bersedekah.

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah. Hal ini lantaran Allah telah berjanji akan menghapus dosa umatnya yang gemar bersedekah. Sebagaimana

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

                                                                                                                      والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Jika dilakukan di hari biasa saja sudah mendapatkan pahala apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan, tentu pahalanya akan berlipat-lipat.

Tak hanya itu, nyatanya jika bersedekah dilakukan untuk melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadan seperti sholat dan puasa, jaminan balasannya adalah Surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946). [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan, Apa Saja?

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top