Selasa, 14 Juli 2020 |
News Room

Ketum PBNU Minta Pemerintah Bubarkan Ormas Tak Sesuai Pilar Kebangsaan

Sabtu, 26 Nov 2016 | 06:00 WIB Dibaca: 1510 Pengunjung

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj usai acara Istigosah Akbar di Masjid Agung Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Jumat (25/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj meminta pemerintah untuk membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bertentangan dengan empat pilar kebangsaan. Ia pun menegaskan NU terus mendukung kepada Pemerintahan Jokowi-JK yang sah berdasar konstitusi.

“NU tetap bersama konstitusi yang sah. NU memegang teguh Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945. Kalau disingkat PBNU. Selama ada PBNU, empat pilar pasti ada,” kata Said Aqil usai mengikuti Istigosah Akbar di Masjid Agung Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Jumat (25/11/2016).

Oleh karena itu, Said Aqil meminta pemerintah untuk membubarkan ormas yang bertentangan dengan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Organisasi yang jelas-jelas bertentangan dengan empat pilar, NU memohon pemerintah membubarkan ormas itu," ujarnya.

Said menilai di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia berada di jalur yang tepat. Ia juga mengaku tidak mendukung adanya Aksi Bela Islam jilid III pada 2 Desember mendatang terkait kasus Ahok. Sebab, dalam kasus tersebut Bareskrim Polri telah bekerja dan melakukan proses hukum secara objektif.

“Diharapkan agar warga dan ormas tidak usah menggelar aksi untuk kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok, pada 2 Desember mendatang. Saya mengimbau kepada masyarakat enggak usah demo. Demo itu kan menghabiskan dana, dan energi kita,” tuturnya.

Said khawatir apabila demo tetap dilakukan, akan ada kepentingan politik yang menungganginya. "Saya belum melihat itu ya, tapi yang kita khawatirkan ada kepentingan politik yang menungganginya,” ucapnya. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ketum PBNU Minta Pemerintah Bubarkan Ormas Tak Sesuai Pilar Kebangsaan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top