Selasa, 25 Februari 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Keterampilan Sosial Anak Penting Untuk Adaptasi

Jumat, 28 Okt 2016 | 16:15 WIB Dibaca: 1039 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

BANDUNG, [NEWSmedia] -  Keterampilan sosial penting bagi anak-anak Indonesia agar mampu bekerja sama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya. Hal ini diungkapkan psikolog anak Putu Andani di Bandung, Kamis (27/10).

"Keterampilan sosial anak sangat penting dan akan menentukan kemampuan adaptasi anak dengan lingkunganya dan mendorong memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat," kata Putu Andani pada acara Mobi Dunia Sahabat Anak di kawasan Kecamatan Regol Kota Bandung itu.

Kegiatan sosialisasi nutrisi anak yang digagas PT Sarihusada itu diikuti oleh ratusan anak usia balita. Putu mengatakan, pada masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial.

"Kemampuan untuk bersosialisasi memang sangat penting dalam masa perkembangan anak, agar mereka dapat mengenali emosi, mengolah emosi, mampu bergaul dan bisa berempati dengan teman-teman di lingkungannya agar si Kecil dapat mengembangkan kepribadiannya," katanya.

Selain itu, bersosialisasi dengan teman sebaya akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, seperti perkembangan berpikir, perkembangan fisik dan perkembangan sosial-emosional.

Ia menyatakan seorang ibu perlu menstimulasi anak agar bisa lebih pandai bergaul caranya dengan mendorong bermain bersama teman-temannya, serta mengajarkan jenis-jenis emosi melalui permainan karakter.

Dengan kegiatan tersebut sebagai orang tua sedang menjelaskan arti teman dan bagaimana membangun relasi serta sosialisasi dengan cara yang menyenangkan bagi anak. [05]

Penulis: Rpk
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keterampilan Sosial Anak Penting Untuk Adaptasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top