Jumat, 25 Mei 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Ketahui, 4 Penyebab Batu Asam Urat

Jumat, 12 Jan 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 807 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Batu asam urat yang disebut juga dengan batu ginjal asam urat, adalah kelainan yang terjadi akibat dari konsentrasi asam urat yang ada di dalam urine. Biasanya, batu asam urat dalam ginjal akan ditemukan pada 10 -15 persen penderita penyakit asam urat.

Jika kadar asam urat dalam darah lebih dari 13 mg, maka akan menyebabkan adanya batu asam urat. Sementara asam urat adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh adanya penumpukan purin dalam tubuh lalu memicu kenaikan pada zat asam dalam tubuh. Sehingga, memunculkan penyakit asam urat. Berikut uraian mengenai penyebab batu asam urat.

Kehilangan banyak cairan. Batu ginjal asam urat biasanya terbentuk akibat seseorang sudah kehilangan banyak sekali cairan. Sehingga, batu asam urat dapat terbentuk ketika urine terus-menerus dalam kondisi asam, biasanya hal ini dapat dipicu oleh mereka yang menjalani diet protein yang terlalu tinggi.

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan batu asam urat terbentuk, di antaranya adalah:

1. Kehilangan banyak cairan

Batu ginjal asam urat biasanya terbentuk akibat seseorang sudah kehilangan banyak sekali cairan. Sehingga, batu asam urat dapat terbentuk ketika urin terus menerus dalam kondisi asam, biasanya hal ini dapat dipicu oleh mereka yang menjalani diet protein yang terlalu tinggi.

2. Faktor keturunan atau genetik

Adanya batu asam urat dalam ginjal juga dapat disebabkan faktor keturunan. Bila faktor keturunan sudah menjadi pemicunya, maka akan susah untuk disembuhkan. Tapi tidak menutup kemungkinan dengan Anda melakukan pengobatan, Anda bisa mengatasi adanya batu asam urat.

3. Tingginya asupan zat purin

Tingginya asupan zat purin dari luar tubuh, tentu saja merupakan salah satu faktor terbentuknya batu asam urat di dalam ginjal. Pada dasarnya, zat purin yang masuk ke dalam tubuh tak akan berbahaya dan sama sekali tak akan membentuk batu asam urat.

Tapi jika kadarnya melebihi batas normal dalam tubuh, maka akibatnya akan memengaruhi pada berbagai penyakit salah satunya ialah pembentukan batu asam urat.

4. Memiliki pola hidup yang buruk

Pola hidup termasuk faktor yang menyebabkan terjadinya batu asam urat dalam ginjal. Ini tentu sangat berkaitan dengan penyebab asam urat sebelumnya yaitu asupan zat purin.

Pola hidup yang buruk dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan purin tinggi akan memicu terbentuknya batu asam urat. Apabila pola hidup makin buruk, maka kemungkinan besar kondisi kesehatan pun akan sangat terganggu dikemudian hari. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ketahui, 4 Penyebab Batu Asam Urat

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top