Kamis, 15 April 2021 |
News Room

Kesultanan Banten: Kawasan Wisata Banten Lama Mutlak Harus Ditata

Senin, 03 Okt 2016 | 11:11 WIB Dibaca: 2258 Pengunjung

Rano Karno saat berada di Masjid Agung Banten Lama, Senin (3/10/2016).(Foto: Newsmedia).*

SERANG, [NEWSmedia] – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Banten yang ke-16, Pengurus Kenadziran Kesultanan Banten, meminta pada pemerintah provinsi dan kota agar lebih memperhatikan penataan kawasan religi Banten Lama.

Ketua Kenadziran Kesultanan Banten, Tubagus A Abbas Wase mengatakan, saat ini pihaknya sedang menata ulang pengelolaan kawasan Banten Lama, agar terlihat lebih tertata rapih, dan jauh dari kesan kumuh.

“Jangan sampai kami dibicarakan oleh orang luar, Banten itu kumuh, Banten itu kotor, tapi sementata tidak pernah diselesaikan. Kalau kami sendiri tidak bisa, maka ada Pemkot dan Pemprov agar bersama sama,” kata Tb. Abbas di Masjid Agung Banten Lama, Senin (3/10/2016).

Ia menerangkan, saat ini ada sekitar 1.000 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan tersebut, namun lahan untuk tempat mereka berjualan sangat minim.

“30 milyar yang dari Pemprov untuk pembebasan 15 hektare lahan, hingga saat ini belum terealisasi. Yang penting adalah tersedianya lahan, PKL kita ada 1.000, kalau tidak ada lahan bagaimana kita bisa memindahkan mereka,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Banten, Rano Karno yang ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin mengaku, pihaknya akan segera memanggil Pemerintah Kota Serang untuk mengklarifikasi hal tersebut.

“Saya baru dapat laporan tadi, kita berikan bantuan hampir 30 milyar melalui Pemkot Serang. Karena kita hanya memonitor, maka kita akan memanggil pihak Pemkot Serang untuk melihat sampai sejauh mana progresnya,” terang Rano.

Ia juga menegaskan, tidak ada cara lain untuk merubah dan menata kawasan wisata religi Banten Lama, yaitu dengan percepatan pembangunan dan penataan kawasan.

“Tidak ada cara lain selain percepatan pembangunan, anggaran sudah disediakan, tinggal pengerjaannya saja,” pungkasnya. [Ahi/03]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Kesultanan Banten: Kawasan Wisata Banten Lama Mutlak Harus Ditata
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top