Senin, 18 Januari 2021 |
Kesehatan

Kesulitan Tidur, Coba 4 Makanan dan Minuman Ini Sebelumnya

Selasa, 05 Jan 2021 | 07:10 WIB Dibaca: 140 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Siapa yang tak sebal jika kesulitan tidur di malam hari, padahal tubuh sudah terasa lelah dan ingin segera beristirahat. Bagi Anda yang kerap susah tidur di setiap malam, perlu perhatikan asupan makanan yang disantap dalam satu hari tersebut.

Nyatanya memang antara makanan dan minuman yang dikonsumsi seharian, terutama menjelang waktu tidur dapat mempengaruhi tidur seseorang.

Agar tak salah mengonsumsi makanan dan minuman, mari simak ulasan singkat 4 makanan dan minuman yang direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi agar mudah tidur di malam hari, seperti dilansir Huffingtonpost.

Makanan tinggi melatonin

Melatonin adalah hormon alami yang terkadang disebut sebagai hormon tidur. Hormon ini adalah hormon yang diproduksi otak manusia sebagai respons terhadap kegelapan, ini membantu dengan waktu ritme sirkadian dan tidur.

Direkomendasikan oleh ahli gizi Shana Minei Spence, agar mudah terlelap kita bisa mengonsumsi makanan seperti keju cottage dan yogurt plain tanpa rasa yang juga mengandung triptofan. Triptofan inilah yang berfungsi meningkatkan produksi melatonin dan dapat membantu agar bisa tidur nyenyak.

Makin banyak dikonsumsi, semakin besar efeknya. Shana menyarankan, jika mengonsumsi makanan kaya melatonin dalam porsi besar atau mengonsumsi suplemen, maka harus menunggu setidaknya satu jam atau 30 menit sebelum tidur, yang merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan agar melatonin memiliki efek di tubuh.

Makanan tinggi magnesium

Magnesium dikatakan Shana, berperan dalam tidur terkait dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Selain itu, bisa juga membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol, yang diketahui dapat mengganggu tidur.

Disebutkan Kylene Bogden, selaku ahli gizi dan penasihat kesehatan untuk Love Wellness, magnesium bisa dimanfaatkan sebagai bantuan alami untuk gampang tidur. Konsumsilah semangkuk kacang, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan tahu. Ini adalah mangkuk magnesium terbaik dan mudah dicerna untuk makan malam.

Makanan yang diproses

Trik lainnya ialah dengan tidak mengonsumsi processed foods. Daripada processed foods, seperti rekomendasi dari Celine Beitchman, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education, baiknya kita menyantap makanan utuh termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Beberapa pilihan lain yang direkomendasikan, misalnya bubur gandum dengan buah kering atau segar dan kacang panggang, atau telur dengan roti gandum untuk sarapan. Sedangkan untuk menu makan siang atau makan malam, cobalah mengonsumsi ikan salmon atau tempe dan juga tahu.

Minuman hangat bebas kafein

Menjelang waktu tidur, jangan minum segelas kopi atau minuman soda. Disarankan ahli gizi Kylene Bogden, sebaiknya, minuman yang diminum adalah minuman hangat bebas kafein, contohnya secangkir teh chamomile.

Bisa juga meneguk secangkir susu golden, yakni susu almond berbahan dasar kunyit ditambah kurma, sebagai pemanis alami. Perhatikan juga jam konsumsi, beri jarak setidaknya 2 jam atau lebih di antara waktu makan-minum terakhir dan waktu naik ke tempat tidur.

Serta jarak 4 sampai 5 jam di antara satu hidangan makanan dengan satu makanan lainnya, agar tubuh punya waktu untuk mencernanya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kesulitan Tidur, Coba 4 Makanan dan Minuman Ini Sebelumnya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top