Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room

Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat Seluas 3 Kali Lapangan Sepak Bola

Selasa, 14 Mar 2017 | 15:08 WIB Dibaca: 565 Pengunjung

Terumbu karang di raja ampat yang dirusak oleh kapal pesiar inggris

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kerusakan karang di Raja Ampat, Papua Barat akibat ditabrak kapal Caledonian Sky asal Inggris benar-benar serius. Terumbu karang yang rusak itu berada di jantung Raja Ampat.

"Kandasnya kapal Caledonian Sky yang dinahkodai oleh Kapten Keith Michael Taylor ini menimbulkan dampak kerusakan terumbu karang yang luar biasa. arahnya, terumbu karang yang dirusak oleh kapten kapal MV Caledonian Sky itu berada tepat di jantung Raja Ampat, sebuah pusat keanekaragaman hayati laut," ujar Deputi Koordinasi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Selasa (14/3/2017).

Luas area karang yang rusak tersebut tak main-main. Berdasarkan pemeriksaan awal, kerusakan mencapai luas 1600 m2. Luas tersebut kurang lebih setara dengan tiga kali luas lapangan sepakbola resmi.

"Jumlah pasti luasan terumbu karang yang rusak belum sepenuhnya selesai divaluasi. Bisa jadi lebih dari 1600 m2," ujar Arif.

Berdasarkan UU 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, perusakan kekayaan alam seperti terumbu karang, lahan gambut dan hutan merupakan tindakan kriminal yang ancaman hukumannya adalah pidana penjara. Oleh karena itu, Arif mengatakan kendati perusahaan asuransi bersedia untuk membayar kerusakan lingkungannya, namun hal tersebut tidak dapat menghilangkan aspek pidananya. 

Terumbu karang yang tumbuh ratusan tahun itu dirusak oleh kapten Kapal MV Caledonian Sky dalam waktu kurang dari sehari. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat Seluas 3 Kali Lapangan Sepak Bola
Top