Jumat, 03 Juli 2020 |
News Room - Kesehatan - Info Mudik 2017

Kerupuk Mengandung Boraks Ditemukan BPOM di Terminal Terpadu Merak

Rabu, 21 Jun 2017 | 15:35 WIB Dibaca: 607 Pengunjung

Direktur Standardisasi Pangan BPOM Tetty H Sihombing saat uji lab di Terminal Terpadu Merak, Rabu (21/6/2017)

CILEGON, [NEWSmedia] - Sejumlah 30 jenis makanan di uji laboratorium oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, di sekitar Pelabuhan Merak, Banten. Mengejutkan, dari hasil test lab ditemukan 2 jenis makanan mengandung boraks.

Kedua jenis makanan yang terbukti mengandung boraks tersebut adalah kerupuk. Direktur Standardisasi Pangan BPOM Tetty H Sihombing mengatakan kedua sampel yang terbukti mengandung boraks akan ditindaklanjuti oleh Balai POM Serang untuk tindakan selanjutnya.

"Bahan berbahayanya adalah kerupuk mengandung boraks. Boraks itu salah satu berbahaya bagi kesehatan, dampaknya jangka panjang bisa ginjal, kanker. Satu lagi kerupuk juga, mengandung boraks juga," ujar Tetty kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Rabu (21/6/2017).

Setelah penemuan makanan mengandung zat berbahaya tersebut, BPOM akan menelusuri asal makanan itu dan tempat produksinya.

"Nanti kita akan melakukan penelusuran apakah dia yang memproduksi atau dia yang membeli atau produknya dari tempat lain, kita akan telusuri," tuturnya.

Tetty, yang ditemani pihak kepolisian dan Kepala Balai POM Serang, mengingatkan para pemudik tetap berberhati-hati dalam memilih makanan.

"Kami juga sempat menyapa ke beberapa penjual, menyapa untuk supaya mereka tetap memperhatikan jualannya kepada konsumen," katanya.

Selain itu, Tetty mengatakan, angka penggunaan zat berbahaya pada makanan, seperti pewarna tekstil, turun dari tahun ke tahun. BPOM menganggap masyarakat semakin sadar akan bahaya bahan pangan tersebut.

"Kita melakukan pengawasan di seluruh Indonesia. Kantor kami di 34 provinsi dan pospom itu mengambil sampel. Kita perhatikan trennya dari tahun ke tahun penggunaan bahan berbahaya itu sudah turun," ujarnya. [Red/dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kerupuk Mengandung Boraks Ditemukan BPOM di Terminal Terpadu Merak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top