Minggu, 22 April 2018 |
News Room

Kerjasama Kemdikbud dengan Arab Saudi

Kamis, 02 Mar 2017 | 10:30 WIB Dibaca: 545 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Mendikbud Muhadjir Effendy dan Menteri Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi Adel bin Zaid Al-Toraifi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama kebudayaan. Bagaimana bentuk kerja samanya?

Penandatangan kerja sama yang berlaku lima tahun itu disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud di Istana Bogor, Rabu (1/3) kemarin. 

"Kerja sama ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan di antara kedua bangsa dan negara dengan berpegang pada prinsip-prinsip saling menghormati, saling pengertian dan saling menguntungkan," kata Muhadjir kepada wartawan, Kamis (2/3/2017).

Muhadjir menerangkan pokok kesepakatan di bidang kebudayaan yang disepakati di antaranya meliputi bidang promosi kebudayaan dan festival, kesenian, sejarah dan warisan budaya, perpustakaan, serta kebudayaan bagi anak-anak. 

"Kelima bidang kerja sama tersebut dilatarbelakangi keinginan kedua negara untuk mempererat kerja sama. Kami juga memberi perhatian khusus pada bidang permuseuman," terangnya. 

Kerja sama di bidang promosi kebudayaan dan festival akan ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan program kebudayaan masing-masing negara di negara mitra. Tak hanya itu, pertukaran pengalaman dan pelatihan sumber daya manusia di bidang kebudayaan juga akan dilaksanakan oleh kedua negara. Termasuk di dalamnya adalah pelatihan bagi para pejabat di bidang kebudayaan. 

Di bidang kesenian, kerja sama akan diimplementasikan melalui pertukaran grup musik, musik daerah dan kelompok-kelompok teater. Peningkatan partisipasi seniman dari kedua negara dalam seluruh program kesenian tingkat internasional atau regional yang diselenggarakan oleh pihak otoritas di kedua negara. Dan yang tak kalah menarik adalah disepakatinya pertukaran grup teater anak-anak dari kedua negara. 

Dalam bidang sejarah dan warisan budaya, kerja sama meliputi pertukaran informasi mengenai sejarah, ilmu purbakala, antropologi, museologi, dan warisan budaya. Pemerintah kedua negara menyepakati juga penyelenggaraan pameran sejarah dan warisan budaya di kedua negara, serta peningkatan partisipasi dalam kegiatan pameran internasional atau regional. 

Pertukaran buku, majalah, katalog, dokumen, dan penerbitan buku di bidang kebudayaan di kedua negara merupakan salah satu pokok kerja sama di bidang perpustakaan. Pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia siap melakukan pertukaran pengalaman di bidang perpustakaan dan industri penerbitan. 

Sementara, untuk memupuk pemahaman melalui kebudayaan antara dua negara sejak dini, akan diselenggarakan pameran lukisan kartun bagi anak-anak dan pertukaran pertunjukan teater anak-anak pada program-program khusus kebudayaan yang diselenggarakan di kedua negara.  [dtc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kerjasama Kemdikbud dengan Arab Saudi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top