Senin, 10 Agustus 2020 |
News Room - Kesehatan

Keren, Unduh 'Mobile Screening' BPJS Kesehatan Bisa Identifikasi Penyakit Kronis

Rabu, 01 Feb 2017 | 14:42 WIB Dibaca: 1197 Pengunjung

Konfernsi pers mobile screening day.*

SERANG, [NEWSmedia] - Berita gembira bagi peserta JKN-KIS, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Serang, meluncurkan fitur Mobile Screening atau pendeteksi riwayat kesehatan secara mobile, Fitur tersebut dapat diakses melalui aplikasi Google Playstore di semua Smartphone.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Serang, Chandra Nurcahyo mengatakan, screening atau penyaringan riwayat kesehatan merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Jika sebelumnya peserta JKN-KIS hanya dapat melakukan screening secara manual, maka saat ini, peserta bisa melihat potensi resiko kesehatannya yang bisa diakses melalui Smartphone.

"Ini salah satu upaya promotif preventif era jaminan kesehatan nasional sebagai upaya deteksi dini faktor penyebab penyakit kronis, seperti diabetes, melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner," kata Chandra saat launching di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Rabu (1/2/2017).

Chandra mengatakan, peserta JKN-KIS dapat mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di Google Play Store, kemudian registrasi sesuai data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar, lanjut Chandra, peserta bisa langsung mengklik tombol log in, peserta dapat memilih menu screening riwayat kesehatan.

"Kemudian, peserta akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri dari kebiasaan atau aktifitas sehari-hari, jika pertanyaan itu telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil screening riwayat kesehatannya pada saat itu juga," terangnya.

Ia melanjutkan, hasil lanjut screening riwayat kesehatan dapat dibagi menjadi tiga bagian, pertama dengan hasil resiko rendah, kedua hasil resiko sedang dan ketiga hasil resiko tinggi.

"Jika hasil resiko rendah peserta disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan aktifitas fisik secara rutin minimal 30 menit, namun jika hasil resiko sedang/ tinggi peserta disarankan berkunjung ke Fasilitas Tingkat Pertama ( FKTP)  untuk konsultasi dengan dokter seputar kondisi kesehatannya," tuturnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan screening riwayat kesehatan tersebut bisa di download melalui aplikasi Mobile screening BPJS Kesehatan, dan untuk peluncuran pelaksanaan Mobile screening Day, dilakukan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 1 Februari 2017. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keren, Unduh 'Mobile Screening' BPJS Kesehatan Bisa Identifikasi Penyakit Kronis

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top