Rabu, 03 Juni 2020 |
Highlight - News Gallery - Banten Memilih

Keren! ‘Mannequin Challenge’ Dipakai Saat Kampanye Calon Wagub Banten

Minggu, 18 Des 2016 | 22:31 WIB Dibaca: 1769 Pengunjung

Pelawak doyok pun ikut dalam 'Mannequin Challenge' dalam kegiatan kampanye Calon Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.*

BANTEN, [NEWSmedia] - Tantangan menjadi patung seperti maneken menjadi fenomena baru di internet. Berbagai kalangan, mulai dari politikus, artis, atlet hingga masyarakat biasa, ramai-ramai berkreasi membuat video ‘Mannequin Challenge’, dan diunggah ke media sosial.

Di Provinsi Banten, ‘Mannequin Challenge’ bahkan dibuat saat Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kampanye tatap muka dengan masyarakat. Pendamping dari Calon Gubernur Banten Wahidin Halim ini memang aktif membuat bentuk-bentuk kampanye kreatif.

Namun video kampanye kreatif dalam bentuk ‘Mannequin Challenge’ yang dibuat tim media pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) kali ini, menjadi ide yang super keren, dari sekian banyak kampanye Pilkada Banten 2017 yang tersebar di media sosial.

Betapa tidak! Mereka yang ikut ‘Mannequin Challenge’ bukan hanya tim pendukung dan calon. Semua masyarakat yang hadir, juga ikut dalam tantangan menjadi patung yang didokumentasikan melalui video.

Sampai-sampai, pelawak doyok yang selalu ikut dalam rangkaian kampanye Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy itu rela menjadi patung, demi memenuhi tantangan dari tim kreatif kampanye WH-Andika.

Simak: Video 'Mannequin Challenge' Kegiatan Kampanye Calon Wakil Gubernur Banten

Analis Komunikasi dan Media, Rapih Herdiansyah mengatakan, fenomena ‘Mannequin Challenge’ merupakan bagian dari perkembangan teknologi dan media baru. Menurutnya, teknologi telah merubah budaya masyarakat, termasuk dalam memanfaatkan perangkat teknologi dan media.

Ia mengungkapkan, seiring dengan bergulirnya media baru (internet), aktivitas sosial masyarakat mulai bergeser ke arah penggunaan dan pemanfaatan teknologi. Pembuatan video kreatif yang diunggah di laman sosial misalnya, kata Rapih, menjadi cara bagi masyarakat untuk memperkenalkan diri, menunjukkan potensi, termasuk mengisahkan hal-hal yang menyangkut pribadi.

“Berdasar teori media baru, produk visual yang dibuat, kemudian diunggah di media sosial, disebut digital story telling,” kata Rapih.

Simak juga: Video 'Mannequin Challenge' Saat Tim Pendamping Kampanye Andika Hazrumy di Perjalanan

Diketahui, asal-usul ‘Mannequin Challenge’ berawal dari keisengan murid di Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat. Kala itu, di ruang kelas sekolah tersebut, seorang murid bernama Emili berjalan ke depan kelas dan tiba-tiba menjadi patung. Hal itu dilihat oleh murid lainnya yang kemudian menyebut siswa tersebut seperti maneken.

Menurut Rapih, ‘Mannequin Challenge’ yang dibuat dalam kegiatan kampanye Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy,telah  menceritakan dan menggambarkan suasana kegiatan kampanye secara keseluruhan.

“Kita semua bisa bayangkan, mengkondisikan massa yang begitu banyak untuk mengikuti ‘Manngequin Challenge’ bukan perkara mudah kan. Menurut saya, fenomena ini telah menunjukkan bahwa massa pendukung calon solid dan terkondisikan dengan baik,” tuturnya.

Krisna Widi Aria selaku Koordinator Tim Pengarah Media pasangan WH-Andika, mengatakan, pembuatan video ‘Mannequin Challenge’ dalam kegiatan kampanye Andika Hazrumy, selain untuk kepentingan kampanye kreatif di media sosial, juga menjadi hiburan di tengah rutinitas kampanye.

“Saat kami harus keluar dari rutinitas kampanye, ini lah hasilnya (video ‘Mannequin Challenge’),” ujar Krisna. [ifal]

Penulis: Syahrifal Fahlevi
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

TERIMA KASIH, PRESIDEN JOKOWI !
Rabu, 01 Apr 2020 | 10:59 WIB
TERIMA KASIH, PRESIDEN JOKOWI !
Islam Politik Ambyar
Senin, 16 Des 2019 | 12:20 WIB
Islam Politik Ambyar

KOMENTAR

Keren! ‘Mannequin Challenge’ Dipakai Saat Kampanye Calon Wagub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top