Sabtu, 22 September 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Keramas Terlalu Sering Bisa Picu Serangan Jantung

Rabu, 01 Feb 2017 | 01:05 WIB Dibaca: 818 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Tidak mencuci rambut dalam beberapa hari akan membuat rambut kotor dan berbau, akan tetapi mencuci rambut terlalu sering terbukti lebih berbahaya.

Melansir dari cnn, menurut Genetic Science Centre di University of Utah, berlebihan dalam mencuci rambut dapat merusak mikrobioma manusia.

Mikrobioma manusia adalah kumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh manusia, yang dinilai para ilmuwan penting untuk kesehatan manusia.

Peneliti University of Utah menyatakan bahwa mengganggu ekosistem mikrobioma dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti gangguan sistem imun, pencernaan dan serangan jantung.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa terlalu sering mencuci rambut dengan sampo dapat mengganggu keragaman organisme mikro pada manusia.

Meski demikian, studi ini belum mengetahui seberapa sering seharusnya orang bersampo.

Selain itu, mengutip Allure, pemakaian sampo berlebihan dapat menyebabkan kerusakan rambut. Mencuci rambut secara terus menerus bahkan dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas yang mengakibatkan peradangan yang kronis.

Menggunakan sampo yang tidak merata dari kulit kepala hingga ujung juga memicu kerusakan rambut.

Sampo juga dapat mengakibatkan bakteri jahat berkembang  apalagi jika bercampur dengan keringat. Bakteri itu menimbulkan peradangan, gatal, dan nyeri.

Ahli dermatologi New York, Debra Jaliman, menyarankan untuk membersihkan rambut tidak dengan berlebihan dan tak menggunakan shampo yang memiliki derajat keasaman (pH).

Jika memang harus mencuci rambut setiap hari atau memiliki kulit kepala yang sensitif, Jaliman merekomendasikan untuk menggunakan sampo bayi yang lembut.

Dia merekomendasikan sampo yang mengandung gliserin dan ekstrak alpukat untuk membantu memperkuat kulit kepala. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Konsumsi Coklat dan Bir Diklaim Bikin Umur Panjang
Jumat, 21 Sept 2018 | 01:05 WIB
Konsumsi Coklat dan Bir Diklaim Bikin Umur Panjang
Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur?
Jumat, 21 Sept 2018 | 00:02 WIB
Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur?

KOMENTAR

Keramas Terlalu Sering Bisa Picu Serangan Jantung

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top