Senin, 25 Juni 2018 |
News Room - Pendidikan

Kepala Sekolah di Banten Wajib Lapor Harta Kekayaan

Selasa, 13 Mar 2018 | 13:32 WIB Dibaca: 696 Pengunjung

Spesialis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Jeji Azizi setelah acara Pembinaan Pelayanan Adminiatrasi e-LHKPN di Aula Bappeda Banten, Selasa (13/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Spesialis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Jeji Azizi menyebutkan, mulai tahun 2018, kepala sekolah di Banten wajib melaporkan harta kekayaannya selaku penyelenggara negara.

Menurutnya, LHKPN menjadi salah satu instrumen pencegahan korupsi, lantaran sifatnya yang menuntut para penyelenggara negara untuk bertindak secara transparan dan akan dipublikasikan oleh KPK untuk diketahui masyarakat secara luas.

"Mulai dari tahun ini, sudah masuk dalam Peraturan Gubernur Banten yang membahas tentang LHKPN, salah satu wajib LHKPN adalah kepala sekolah," kata Eji setelah acara Pembinaan Pelayanan Adminiatrasi e-LHKPN di Aula Bappeda Banten, Selasa (13/3/2018).

Ia menuturkan, proses penyampaian LHKPN, dilakukan secara periodik, baik pada masa awal jabatan ataupun dua tahun setelah menjabat diposisi yang sama.

"Idealnya LHKPN dilakukan Januari sampai Maret, tapi bukan berarti setelah Maret tidak bisa lapor, tetap bisa melaporkan, tapi dengan ketentuan laporan periodik dengan kategori tidak tepat waktu ataupun dengan laporan ketegori khusus," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh penyelenggara negara agar melaporkan harta kekayaannya dengan kondisi yang ideal.

"Intinya bukan kepala sekolah saja, tapi untuk semua para penyelenggara negara untuk menyampaikan LHKPN dengan kondisi yang ideal," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kepala Sekolah di Banten Wajib Lapor Harta Kekayaan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top