Jumat, 05 Juni 2020 |
Tekno

Kendaraan Sering Nongkrong di Rumah? Hati-Hati Oli Menggumpal

Sabtu, 08 Apr 2017 | 13:05 WIB Dibaca: 775 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] – Ada motor atau mobil yang ngganggur di rumah dan sering tidak dinyalakan? Hati-hati pelumasnya bisa menggumpal.

Menurut Technical Specialis Integrated Lubricant Marketing Academy (ILMA) PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo sebenarnya secara teori pelumas tidak memiliki umur. Namun jika penyimpanan kendaraan tidak benar, maka akan merusak pelumasnya. Pelumas akan menggumpal.

"Oli tidak ada umurnya jika cara menyimpannya benar. Namun untuk mobil atau motor yang seringnya nongkrong di rumah pasti akan terpapar oksidasi. Udara bereaksi dengan pelumas itu yang menyebabkan kerusakan oli," ujarnya.

Karena itu dia menyarankan untuk kendaraan yang jarang jalan-jalan ada rekomendasi pergantian oli secara rutin antara 3-6 bulan tergantung dari rekomendasi pabrikan. "Jadi lebih baik kalau motornya sering nongkrong mending dijual saja," ujarnya sambil bercanda.

Soal pemanasan kendaraan pun disorotinya, dia menyarankan agar kendaraan sedikit lebih lama dipanaskan agar suhu mesin mencapai suhu yang pas agar terjadi pembakaran yang sempurna.

"Pembakaran sempurna kan terjadi saat suhu mesin 73, 80 sampai 90 derajat. Kan kalau dipanaskan dalam waktu singkat tidak akan sampai suhu segitu. Itu akan ada bahan bakar yang tidak terbakar sempurna akan masuk ruang bakar dan menambah potensi menjadi gel," ujarnya. [dtc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

5 Rekomendasi HP Kapasitas Baterai Besar 2020
Senin, 18 Mei 2020 | 21:07 WIB
5 Rekomendasi HP Kapasitas Baterai Besar 2020
Cara Mudah Rawat Aki Selama PSBB
Jumat, 15 Mei 2020 | 11:34 WIB
Cara Mudah Rawat Aki Selama PSBB
Ini Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit
Senin, 11 Mei 2020 | 15:53 WIB
Ini Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit

KOMENTAR

Kendaraan Sering Nongkrong di Rumah? Hati-Hati Oli Menggumpal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top