Rabu, 23 Juni 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Kenali Tanda-Tanda Kanker Serviks

Jumat, 24 Mar 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 2646 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Beberapa bulan lalu, Julia Perez yang kerap disapa Jupe tak lagi ceria seperti biasanya. Ia menangis saat melakukan konferensi pers peluncuran bukunya yang berjudul, “Jupe: My Uncut Story”. Alasan di balik tangisan Jupe memang akan membuat semua wanita melakukan hal yang sama. Artis cantik ini mendapat diagnosis kanker serviks.

“Dari hasil biopsi dan medical check up, ternyata aku terkena kanker serviks stadium 2A,” ujar Jupe dengan lirih. Ia pun memperlihatkan hasil medical check-up dari sebuah rumah sakit di Singapura kepada para wartawan. “Selama ini, aku memang menutupi. Dulu, aku pernah mengalami pendarahan hebat. Aku pun memeriksakan diri ke rumah sakit di Singapura. Akhirnya, saya tahu itu kanker,” ucap Jupe sambil terisak-isak.

Semakin gigih Jupe berjuang melawan kanker yang menggerogoti tubuhnya, semakin banyak juga wanita yang mencari tahu apa itu kanker serviks dan bagaimana gejalanya. Dari meetdoctor.com, inilah informasi seputar kanker serviks yang harus diketahui semua wanita.

Apakah Kanker Serviks itu?

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit yang mematikan bagi para wanita. Data WHO pada 2013 menunjukkan bahwa lebih dari 270 ribu wanita di dunia meninggal karena kanker serviks. Data WHO juga menyebutkan bahwa lebih dari 85 persen kematian karena kanker serviks terjadi di negara berkembang. Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (Human papillomavirus). Penelitian menunjukkan bahwa virus HPV nomor 16 dan 18 adalah penyebab utama kanker serviks di dunia.

Inilah beberapa faktor risiko kanker serviks:

1.Berhubungan badan di usia muda.
2.Berganti-ganti pasangan saat berhubungan badan.
3.Infeksi menular seksual.
4.Merokok.

Penggunaan obat-obatan yang memengaruhi sistem imun tubuh seperti obat yang digunakan untuk penderita penyakit autoimun.


Penyakit kanker serviks termasuk mematikan. Terutama karena tanda-tanda kanker serviks di stadium awal sering kali tidak ada. Tanda-tanda seperti perdarahan, keputihan yang berbau, sulit buang air kecil, dan nyeri panggul baru muncul pada kanker serviks stadium akhir. Akibatnya, pertolongan medis untuk menangani kanker serviks sering kali terlambat.[vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali Tanda-Tanda Kanker Serviks
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top