Selasa, 13 April 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Kenali Penyebab Batuk dari Suara yang Muncul

Rabu, 17 Okt 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 547 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Batuk merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Semua orang pasti pernah mengalami batuk, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebagian dari mereka bahkan menganggap remeh batuk. Padahal jika tidak segera diobati, batuk akan semakin parah dan kemungkinan untuk sulit diobati.

Batuk merupakan refleks fisiologis tubuh untuk melindungi benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti asap atau debu. Tapi, batuk juga bisa menjadi gejala suatu penyakit. Bagi kebanyakan orang batuk merupakan penyakit biasa yang dapat hilang dengan sendirinya.

Sebenarnya dengan mendengar bagaimana suara batuk itu muncul, Anda dapat mengetahui penyebabnya.

Batuk kering

Batuk kering biasanya tidak memiliki lendir yang muncul ketika Anda batuk. Seringnya Anda batuk dikarenakan tenggorokan yang terasa kering, hingga memicu timbulnya batuk tersebut. Batuk kering merupakan batuk yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Hal ini karena batuk kering disebabkan oleh infeksi atau peradangan di saluran pernapasan. Lalu apa penyebab sebenarnya dari batuk kering? Ada beberapa penyebab dari batuk kering antara lain, radang tenggorokan, radang selaput lendir atau sinusitis, asma dan alergi.

Batuk basah

Batuk basah biasa terjadi dengan adanya lendir pada saat batuk. Seperti halnya batuk kering, batuk basah juga bisa terkait dengan pilek dan flu. Biasanya penderita batuk basah disertai dengan hidung meler dan kelelahan. Mereka yang menderita batuk basah akan merasakan sesuatu di tenggorokan, hal itu disebabkan oleh banyaknya lendir.

Apa penyebab dari batuk basah? Hal yang paling menjadi penyebab dari batuk basah adalah pneumonia. Selain itu, penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis dan asma juga menjadi penyebab batuk basah.

Batuk paroksismal

Mungkin sebagian dari Anda sangat asing mendengar kata batuk paroksismal. Batuk paroksismal biasanya ditandai dengan batuk yang sangat keras, tidak dapat dikendalikan, nyeri di dada pada saat batuk dan sulit untuk bernapas. Batuk paroksismal biasanya disebabkan oleh beberapa jenis infeksi bakteri.

Jenis batuk ini bisa menular, terlebih pada bayi yang sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Jadi, apa yag menjadi penyebab batuk paroksismal? Batuk paroksismal terjadi karena penyakit asma, pneumonia dan tuberkulosis.

Bagi Anda yang mengalami batuk selama tiga minggu atau lebih, mengalami demam tinggi, sulit bernapas, tidak dapat berbicara, kulit menjadi pucat, dan dehidrasi. Itu merupakan tanda yang serius pada kesehatan Anda. Segeralah menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali Penyebab Batuk dari Suara yang Muncul

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top