Kamis, 02 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Kenali Pemicu dan Gejala Kanker Lidah

Selasa, 08 Agt 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 646 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kanker lidah sama bahayanya dengan jenis kanker lainnya. Pada penderita, sel-sel abnormal memenuhi area lidah dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang letaknya di permukaan lidah. Sel skuamoda ini memiliki bentuk datar atau pipih  layaknya kulit yang menjadi lapisan atas pada mulut, hidung, laring, tiroid, hingga tenggorokan.

Sewaktu kanker lidah terjadi, sel-sel skuamosa diserang oleh sel kanker. Oleh sebab itu,penyakit ini juga dinamakan kanker sel skuamosa. Kanker lidah bisa menyerang ujung dan pangkal lidah. Jika yang diserang lidah depan maka masuk kategori kanker mulut. Kalau letaknya di pangkal lidah masuk kategori kanker orofaring.

Pemicu kanker lidah cukup beragam. Namun selama ini konsumsi minuman beralkohol dan racun tembakau (rokok) diduga menjadi pemicu utama. Keduanya mudah memicu pertumbuhan sel-sel abnormal seperti tumor atau kanker. Sifat karsinogeniknya mampu merusak DNA sel dan berujung dengan mutasi sel, dari sel sehat menjadi sel kanker.

Pemicu kanker lidah masih beragam dan setiap penderita mungkin berbeda penyebabnya. Virus Human papillomavirus (HPV), juga dapat memunculkan kanker lidah meski angka kejadiannya terbilang jarang. Orang yang tidak menjaga higienitas mulut dapat pula berisiko mengalami kanker ini. Misalnya ada area lidah yang cenderung sering luka akibat kena goresan gigi yang patah di dalam mulut.

Kanker lidah memiliki sejumlah gejala yang dapat diamati dan dirasakan penderita. Seringkali gejala ini berlangsung cukup lama. Berikut gejalanya:

– Mengalami sakit tenggorokan yang tidak kunjung embuh.

– Terdapat bercak berwarna merah atau putih. Atau dapat muncul benjolan maupun sariawan yang sulit sembuh.

– Merasa kesakitan untuk menelan.

– Terdapat sensasi rasa kebas di dalam area mulut dan berlangsung lama.

– Ada perdarahan dari dalam mulut yang tidak diketahui pemicunya.

– Dalam kasus tertentu, penderita mungkin merasakan sakit telinga.

Meski demikian, sejumlah gejala di atas bisa jadi adalah bagian dari gejala penyakit lainnya. Agar lebih tegak diagnodsis penyakitnya, maka sangat dianjurkan memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengetahui sakit yang dialami.

Deteksi dini kanker sangat penting. Pasalnya, kanker yang terdeteksi di stadium awal dan dilakukan penanganan, maka potensi kesembuhannya lebih besar. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

3 Manfaat Minyak Kelapa untuk Atasi Masalah Kulit
Selasa, 30 Jun 2020 | 09:50 WIB
3 Manfaat Minyak Kelapa untuk Atasi Masalah Kulit
Anak Alergi Susu Sapi, Simak Tandanya Berikut!
Selasa, 30 Jun 2020 | 07:50 WIB
Anak Alergi Susu Sapi, Simak Tandanya Berikut!
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja
Senin, 29 Jun 2020 | 09:35 WIB
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

KOMENTAR

Kenali Pemicu dan Gejala Kanker Lidah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top