Kamis, 06 Agustus 2020 |
News Gallery - Tekno

Kenali Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Kamis, 21 Des 2017 | 13:14 WIB Dibaca: 2133 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hal yang paling menjengkelkan ketika mengemudi mobil transmisi matik adalah ketika tiba-tiba tidak bisa distarter. Berbeda dengan transmisi manual, meski tidak dapat distarter, masih bisa mendorong mobil tersebut untuk sekadar menyalakan mesin.

Saat mobil tak bisa distarter, Anda pasti langsung berpikiran kalau pangkal masalah adalah aki yang drop. Padahal belum tentu karena masih ada komponen lain yang bisa menjadi penyebab utama mobil tak bisa distarter, yakni dinamo. Lalu seperti apa ciri-ciri dinamo starter rusak?

Reza, mekanik Putra Mandiri Teknik, bengkel khusus dinamo, di Asem Reges, Taman Sari, Jakarta Barat mengatakan, mengidentifikasinya bisa dilakukan dengan mendengar suara.

“Kalau suaranya cek..cek..berarti switch dinamo. Kalau distarter panjang, berarti ada kelainan di aki atau mesin suaranya cet..cet..cet.. Jadi kalau sudah begitu bukan dinamo saja yang rusak, mesin juga berat,” ujarnya.

Reza melanjutkan, apabila mobil sama sekali tidak mau distarter seperti tak ada suara sama sekali, itu pertanda arang atau karbon dalaman dinamo sudah habis serta gulungan tembaganya sudah hangus.

“Kalau kena banjir itu biasanya macet dinamo starternya. Tapi kalau mesin sudah mati dan lama terendam banjir, yang rusak itu semuanya termasuk gulungan tembaga." [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top