Rabu, 19 Mei 2021 |
Tekno

Kenali Ciri-Ciri Ban Mobil yang Harus Segera Diganti

Kamis, 08 Jun 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 1016 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] -  Ban merupakan bagian terpenting dari kendaraan. Oleh karena itu selalu rawat ban seperti merawat komponen lainnya yang ada di mobil. Menurut Poedyo Santosa, senior instruktur Indonesia Road Safety (Irsa), merawat ban itu tidak sulit karena cukup dijaga saja tekanan anginnya, jangan berlebih dan jangan berkurang. Sesuaikan tekanan angin pada ban seperti yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.

"Perawatan ban itu sebenarnya cuma satu, tekanan bannya dijaga harus di kondisi ideal. kalau kondisinya macam-macam (selalu berubah-ubah) tekanan anginnya sering kurang, ban itu sukanya makan kanan kiri atau makan tengah dan makan sebelah (botak sebagian) nah itu ada pengaruh dari spooring balancing dan lain sebagainya," terangnya, belum lama ini.

Poedyo menambahkan setiap ban punya indikator yang berada di dinding samping atau dikenal dengan nama tire wire indicator yang umunya diberi logo segitiga. Apabila tapak ban sudah sejajar dengan tanda segitiga itu, ada baiknya ban langsung diganti.

"Walaupun itu cuma makan (botak) sebelah padahal sebelahnya masih bagus otomatis daya cengkram ban ke aspal cuma sebelah padahal keselamatan kita kan tergantung ban juga," jelas Poedyo.

Jika kondisi ban botak sebelah dipaksakan untuk tetap digunakan, maka bisa membahayakan penumpang maupun pengemudi mobil terlebih saat melewati jalan aspal yang basah.

"Ketika kita berkendara ditengah hujan, ban tidak bisa memecah air artinya apa, ban berada di atas air, kalau ban berada di atas air tidak bisa diarahkan mobilnya mau nyusruk, nyusruk saja terus enggak bisa dibelokkin," pungkasnya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali Ciri-Ciri Ban Mobil yang Harus Segera Diganti
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top