Jumat, 17 Juli 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Kenali 8 Gejala Depresi yang Sering Tak Disadari

Rabu, 22 Agt 2018 | 01:01 WIB Dibaca: 512 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Depresi diklasifikasikan sebagai gangguan mood. Ini dapat digambarkan sebagai perasaan sedih, kehilangan, atau kemarahan yang mengganggu kegiatan sehari-hari seseorang. Diperkirakan bahwa depresi dapat mempengaruhi 1 dari 20 orang Amerika. Depresi juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Depresi biasanya berujung pada kematian.

Jika tidak ditangani, depresi bisa berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Itu bisa memburuk seiring waktu. Inilah 8 gejala depresi yang harus Anda ketahui.

1. Tidak memiliki harapan

Depresi berupakan gangguan suasana hati yang mempengaruhi perasaan seseorang. Orang yang terkena depresi akan memiliki pandangan hidup tanpa harapan. Mereka mungkin akan merasa dirinya tidak berharga dan akan membenci dirinya sendiri. Memiliki rasa bersalah yang tinggi dan merasa dirinya tidak pantas. Jika hal yang dilakukan tidak berjalan dengan mulus, mereka cenderung akan menyalahkan bahwa dirinya lah penyebab kegagalan itu.

2. Kehilangan minat

Biasanya orang yang terkena depresi akan menarik diri dari kegiatan-kegiatan yang sebelumnya disukai. Depresi dapat mengambil kesenangan Anda. Depresi berat akan membuat Anda enggan untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitar seperti teman, keluarga dan kekasih. Selain itu, dorongan seks akan menurun dan bahkan impotensi.

3. Kelelahan yang disertai masalah tidur

Depresi sering disertai dengan kurangnya energi dan rasa lelah yang luar biasa dan dapat membuat tubuh menjadi lemah. Ini bisa menyebabkan tidur berlebihan. Mungkin inilah alasan mengapa Anda berhenti melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai. Depresi juga dapat menyebabkan insomnia. Kurangnya kualitas tidur juga akan memicu kecemasan.

4. Kecemasan luar biasa

Meskipun depresi belum terbukti menyebabkan kecemasan, kedua kondisi ini sering terjadi secara bersamaan. Orang yang memiliki kecemasan yang berlebihan akan selalu mengalami kegelisahan, gemetar atau otot berkedut. Selain itu, perasaan bahaya, panik dan takut akan terus menghantui pikiran mereka. Kesulitan berfokus dan susah untuk berpikir jernih pun akan menghinggapi.

5. Cepat marah

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan depresi cenderung akan memiliki sifat cepat marah. Emosi yang meledak-ledak membuat para pria dengan depresi berat akan gampang tersulut emosi. Mereka akan mengekspresikan kemarahan dengan cara yang salah atau perilaku yang berisiko.

6. Perubahan nafsu makan dan berat badan

Berat badan dan nafsu makan akan naik turun bagi orang-orang dengan depresi. Pengalaman ini mungkin berbeda untuk setiap orang. Namun, beberapa orang akan memiliki nafsu makan yang meningkat dan menambah berat badan, sementara yang lain tidak akan merasa lapar dan akan kehilangan berat badan.

7. Emosi yang tidak terkendali

Berubahan emosi secara tiba-tiba merupakan tanda-tanda dari depresi. Depresi juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Semenit Anda akan marah besar semenit kemudian Anda tiba-tiba akan menangis. Tidak diketahui alasan pasti yang mendorong perubahan, tapi emosi Anda akan naik turun pada saat itu juga.

8. Adanya dorongan mengakhiri hidup

Depresi seringkali dihubungkan dengan bunuh diri. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pada 2013, lebih dari 42.000 orang meninggal karena bunuh diri di Amerika Serikat. Seringkali orang akan selalu membicarakan kematian atau melakukan upaya untuk mengakhiri hidup. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali 8 Gejala Depresi yang Sering Tak Disadari

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top