Minggu, 05 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Kenali 5 Gejala Kanker pada Pria yang Tak Boleh Diabaikan

Selasa, 28 Agt 2018 | 07:11 WIB Dibaca: 430 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kanker masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Ya, kanker bisa menjangkiti siapa saja tanpa membedakan ras dan jenis kelamin. Kanker biasanya menyerang penderitanya tanpa menunjukan gejala-gejala ekstrim.

Meski demikian, ada beberapa gejala yang sebenarnya dapat menandai bahwa para pria memiliki potensi mengalami kanker. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk lebih sensitif dan mulai membiasakan untuk tidak acuh terhadap diri sendiri.

Penasaran dengan beberapa gejalanya? Yuk disimak:

1. Sulit untuk buang air kecil

Jika secara konsisten Anda sulit untuk buang air kecil, dan ada darah dalam urine atau air mani, maka segeralah untuk mengunjungi dokter. Tanda-tanda ini bisa menjadi petunjuk Anda mengalami gejala kanker prostat.

“Sayangnya, tidak ada gejala kanker prostat di dunia nyata sampai tahap agresif,” kata Moshe Shike, MD, gastroenterologist di Memorial Sloan Kettering Cancer Centre di New York City.

2. Adanya perubahan pada kulit

Pria di atas usia 50 tahun, dua kali lebih berpotensi daripada wanita mengalami kanker kulit. Pria berusia muda bertanggung jawab atas 40 persen kasus melanoma. Sebanyak 60 persen kematian diakibatkan oleh melanoma. menurut info dari Yayasan Kanker Kulit.

Hal ini bisa terjadi karena pria menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari daripada wanita dan cenderung tidak memakai tabir surya. Pria juga memiliki lebih sedikit rambut yang menutupi kulit kepala dan telinga mereka. Selain itu, pria secara tradisional lebih malas mengunjungi dokter daripada wanita, sehingga gejala kanker kulit mungkin tidak tertangkap sedini mungkin.

3. Terasa sakit dan nyeri pada bagian bibir

“Jika Anda memperhatikan luka yang tidak kunjung sembuh, rasa sakit yang menempel di sekitar mulut, bercak putih atau merah pada gusi atau lidah, dan pembengkakan pada rahang, itu bisa menjadi pertanda kanker mulut. Pria yang merokok atau menggunakan tembakau kunyah memiliki peningkatan risiko terkena kanker mulut,” tutur Dr. Markman.

4. Batuk kronis

Batuk yang berlangsung selama tiga minggu atau lebih tanpa gejala lain, seperti pilek atau alergi bisa menjadi gejala awal kanker paru-paru. Leukemia juga dapat menyebabkan gejala seperti bronkitis.

"Jika itu berbeda dari batuk biasa Anda dan terus berlanjut, atau Anda batuk sambil mengeluarkan sedikit darah, itu penting," tutur dr Markman. Beberapa pasien kanker paru juga melaporkan nyeri dada yang meluas hingga ke bahu atau ke bawah lengan.

5. Sakit menelan

Jika sakit tenggorokan melanda, maka Anda bisa meringankannya dengan berbagai perawatan rumahan. Namun, sakit tenggorokan yang berlangsung selama beberapa minggu dan memburuk bisa menjadi gejala kanker tenggorokan atau perut, serta tanda awal kanker paru-paru. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kenali 5 Gejala Kanker pada Pria yang Tak Boleh Diabaikan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top