Senin, 26 Februari 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Kemiri, Salah Satu Rempah yang Bisa Obati Wasir

Rabu, 29 Nov 2017 | 01:06 WIB Dibaca: 4512 Pengunjung

Kemiri.*

[NEWSmedia] - Apakah Anda pernah mendengar nama kemiri? Jenis bahan sayuran yang banyak kita jumpai untuk pembuatan masakan. Namun, sebenarnya kemiri ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Kemiri merupakan jenis tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya untuk rempah-rempah dan sebagai sumber minyak.

Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana. Tumbuhan kemiri ini masih satu kerabat dengan singkong dari suku Euphorbiaceae. Minyak biji kemiri yang diekstrak dapat digunakan dalam industri sebagai bahan campuran cat.

Di Indonesia sendiri, kemiri memiliki nama khas berbeda-beda dari masing-masing daerahnya. Di antaranya, Sunda (muncang), Gayo (kemili), Lampung (kemiling), Nias (Buah kareh), Belitung (kumbe) dan masih beragam lainnya. Biji kemiri biasanya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan untuk mengentalkan kuah.

Kemiri memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Sehingga ada juga masyarakat yang menggunakan biji kemiri ini sebagai bahan obat-obatan alami. Seperti untuk meredakan sakit gigi, diare dan mengobati sariawan serta beberapa penyakit lainnya.

Adapun manfaat lain dari kemiri ialah dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit wasir. Memang tidak banyak orang yang mengetahui mengenai hal ini. Namun, cara mengobati wasir dengan menggunakan kemiri termasuk juga ke dalam cara tradisional alami peninggalan nenek moyang terdahulu. Untuk cara pengolahannya, Anda dapat mengikuti cara seperti di bawah ini.

Cara Membuat Ramuan Kemiri Untuk Mengobati Wasir :

- Siapkan kulit pohon kemiri sebanyak 20 gr dan air sebanyak 400 cc
- Cuci bersih terlebih dahulu kulit pohon kemiri tersebut
- Setelah itu, rebus kulit pohon kemiri tersebut dengan air yang telah disiapkan sebelumnya
- Lalu, tunggu hingga mendidih dan menyisakan air setengahnya
- Jika sudah, angkat dan saring lalu masukan ke dalam gelas
- Ramuan kemiri siap dikonsumsi
- Minum ramuan kemiri ini selagi masih dalam keadaan hangat.

Itulah sekilas artikel mengenai tumbuhan rempah kemiri dan cara mengolah kemiri menjadi ramuan untuk mengobati wasir. Selamat mencoba dan mempraktekan cara alami ini di rumah secara rutin. Semoga bermanfaat. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kemiri, Salah Satu Rempah yang Bisa Obati Wasir

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top