Kamis, 02 Juli 2020 |
News Room - Politik - Pemerintahan

Kemendagri Bantah Kenaikan Dana Parpol Demi Muluskan RUU Pemilu

Rabu, 05 Jul 2017 | 09:26 WIB Dibaca: 615 Pengunjung

ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Dana bantuan untuk partai politik rencananya akan dinaikkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dana bantuan yang asalnya Rp108 akan dinaikkan menjadi Rp1.000 per satu perolehan suara.

Hal tersebut tertuang dalam revisi PP Nomor 5/2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Parpol. Anggarannya juga akan dimasukkan ke APBN 2018.

“Kami tahap pengusulan dan ini kan mau dibahas di RAPBNP tunggu nanti disahkan di anggaran,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri, Senin (3/7/2017).

Sementara, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Soedarmo membantah kenaikan dana parpol untuk memuluskan pembahasan RUU Pemilu. Wacana kenaikan dana parpol sudah dicetuskan sebelum pembahasan RUU Pemilu.

"Bukan, ini sudah jauh sebelum pembahasan RUU Pemilu. Jadi sebelum pembahasan RUU, ini sudah keluar usulan Rp1.000," ujarnya, Selasa (4/7/2017) malam.

Seperti diketahui, di DPR pembahasan RUU Pemilu masih mandek meskipun RUU harus segera disahkan. Salah satu penyebabnya adalah pemerintah mengusulkan ambang batas capres (presidential threshold) sebesar 20-25 persen. Sementara, beberapa parpol seperti Gerindra dan Demokrat masih ngotot di angka nol persen.

Soedarmo mengatakan, kenaikan dana parpol hampir 10 kali lipat tersebut bukan merupakan kompromi supaya pembahasan RUU Pemilu mulus. Pembahasan kenaikan dana parpol dan RUU Pemilu, kata Soedarmo, berada dalam konteks yang berbeda.

"Nggak ada kaitannya itu. Bantuan dana parpol sendiri, RUU Pemilu itu sendiri," terang Soedarmo.

Pemerintah melalui Kemendagri berencana menaikkan dana parpol. Saat ini pemerintah mengeluarkan dana sekitar Rp13,42 miliar untuk 12 partai politik peserta Pemilu 2014.

Jika dana bantuan parpol dinaikkan menjadi Rp1.000 per suara, maka pemerintah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp124,92 miliar. Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto menganggap hal ini bisa memuluskan pembahasan RUU Pemilu di DPR.

"Memang ini merupakan bagian dari komitmen pembicaraan dari undang-undang pemilu. Sehingga kalau ini direalisasi, ini merupakan hal yang menuju pembicaraan UU Pemilu lebih mulus. Karena memang kita rasakan kalau dana parpol dinaikkan ini bisa menjadi lebih baik," ujar Agus. [Red/dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kemendagri Bantah Kenaikan Dana Parpol Demi Muluskan RUU Pemilu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top