Jumat, 03 Juli 2020 |
News Room - News Gallery

Kemenag Kirim 54 Petugas Haji Tambahan ke Arab Saudi

Selasa, 30 Jul 2019 | 13:51 WIB Dibaca: 318 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kemenag (Kementerian Agama) RI menambah 54 petugas haji ke Arab Saudi untuk melayani JCH Indonesia di sana. Petugas tambahan ini telah diberangkatkan Senin (29/7/2019) dan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah petang hari.

Para petugas yang tergabung dalam PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) 2019 itu terdiri dari berbagai unsur dan instansi. Mulai dari Kemenag sendiri, nkepolisian, TNI, perguruan tinggi, sampai organisasi masyarakat (ormas).

Begitu tiba di Mekah mereka disambut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali, Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Jumali dan Sekretaris PPIH Arab Saudi, Noer Alya Fitra.

Nizar Ali mengatakan, petugas tambahan ini akan langsung disebar secara operasional untuk sementara menjelang wukuf di Arafah. "Jadi semuanya sementara akan kita tempatkan di Mekah," ujarnya.

Petugas tambahan ini juga akan bekerja pada pelayanan umum, akomodasi, konsumsi, perlindungan jemaah (linjam) dan administrasi.

Setelah masa puncak haji selesai, akan ada perubahan penempatan bagi petugas tambahan ini. Sebagian tetap berjaga di Mekah dan lainnya ke Madinah. Pergeseran itu demi mengoptimalkan layanan, terutama saat masa kepulangan jemaah haji.

"Kami kemarin sudah diberi training dan briefing dari Sekretaris Dirjen dan Direktur Bina Haji. Kami memang diharapkan membantu jemaah dalam melaksanakan ibadah haji intinya seperti itu," ujar Ketua Rombongan petugas tambahan ini, Muhammad Mukmin Timoro.

Saat tiba di Makkah para petugas ini melaksanakan umroh rllebih dulu sebelum bertugas. Masa tugas mereka berbeda, antara 45 hingga 50 hari.

Diketahui, tahun ini selain kuota haji reguler 204 ribu, pemerintah Arab Saudi juga memberi tambahan 10 ribu jemaah lagi, sehingga total jemaah haji reguler di Tanah Suci menjadi 214 ribu.

Karena itu Kemenag (Kementerian Agama) RI menambah 54 petugas haji ke Arab Saudi untuk membackup kerja petugas haji yang telah tiba dan bekerja lebih dulu dalam melayani JCH Indonesia di sana. Petugas tambahan ini telah diberangkatkan Senin (29/7/2019) dan telah tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah petang hari. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kemenag Kirim 54 Petugas Haji Tambahan ke Arab Saudi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top