Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Room - News Adv

Kelurahan Kuranji Kota Serang Fokus Benahi Jalan Lingkungan dan Drainase

Senin, 08 Jun 2020 | 14:55 WIB Dibaca: 2065 Pengunjung

Lurah Kuranji, Kota Serang Dade Saatudin.*

SERANG, [NEWSmedia] - Kelurahan Kuranji Kota Serang saat ini sedang fokus untuk membenahi jalan lingkungan dan drainase yang kurang baik.

Lurah Kuranji, Dade Saatudin mengatakan, meski pada tahun 2019 beberapa jalan lingkungan dan drainase telah dibangun, namun tahun 2020 ini pihaknya terus membenahi jalan dan drainase tersebut.

"Kalau tahun ini pembangunannya adalah pembangunan fisik, itu membenahi jalan lingkungan dan drainase maupun TPT (tembok pengaman tanah) sesuai yang di DPA yang kami ajukan," kata Dade di ruang kerjanya, Senin (8/6/2020).

Lurah yang sejak 1 Mei 2019 bertugas itu menjelaskan, ada beberapa titik jalan yang rencananya akan dibangun tahun ini, seperti di jalan yang dari Lingkungan Gedeg menunu perbatasan dengan Kelurahan Kalang Anyar dan yang dari arah Kuranji Kidul.

"Lingkungan Gedeg ke perbatasan kelurahan panjangnya 700 meter, terus dari yang arah Kuranji Kidul sekitar 1.500 meter, jadi kurang lebih 2,5 km," jelasnya.

Selain itu, lanjut Dade, pihaknya juga tengah mengajukan ke Dinas Perhubungan Kota Serang untuk pemasangan dan pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU) yang ada di kelurahan tersebut.

"Ditambah lagi anggaran yang kami buat dan kami ajukan ke Dishub untuk pemasangan atau pemeliharaan PJU, kami sudah menghitung berapa titik yang harusnya sudah dipasang tapi saat ini belum dipasang," tambahnya.

Sementara untuk pembangunan yang telah dilakukan pada tahun 2019, masih kata Dade, pihaknya telah melakukan beberapa pembangunan yang anggarannya berasal dari dana alokasi umum tambahan (DAUT) dan KoTaKu (kota tanpa kumuh) dari pusat.

"Anggaran DAUT sekitar Rp360an juta yang dari pusat dan dari PU Kotaku sekitar Rp1 Miliar dan keduanya telah kami laksanakan," ujarnya.

Ia menerangkan, untuk kegiatan yang menyangkut DAUT dari anggaran pusat, pihaknya menggunakan untuk sarana dan prasarana, seperti jalan lingkungan, tembok pengaman tanah dan drainase, ditambah beberapa kegiatan yang sifatnya sosialisasi dan pemberdayaan bagi masyarakat.

"Untuk DAUT 2019 tersebar di dua RW, RW 01 dan RW 03 dan Kotaku, ada beberapa jenis diantaranya pembangunan jalan lingkungan, paving blok, drainase, MCK dan sarana air bersih yang dilaksanakan di RW 04  RT 02 di Lingkungan Sindang Manggu," pungkasnya. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kelurahan Kuranji Kota Serang Fokus Benahi Jalan Lingkungan dan Drainase
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top