Rabu, 14 November 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Keindahan Pesisir Kampung Pelangi di Cirebon

Kamis, 04 Jan 2018 | 17:10 WIB Dibaca: 513 Pengunjung

Gapura selamat datang Cirebon.*

[NEWSmedia] - Masyarakat di Kampung Kesunean Selatan RW 9, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, menyulap rawa di sekitar mereka menjadi pesisir Kampung Pelangi.

Jika melewati pesisir di kampung ini, berbagai warna warni lukisan akan dijumpai bahkan tak heran anak-anak di kampung ini menjadikan pesisir mereka yang dulu rawa menjadi destinasi wisata baru.

Kampung yang dulu kotor akibat sampah yang menumpuk di rawa dan kerap banjir, sekarang banyak mencuri perhatian baik warga sekitar maupun warga di luar kampung tersebut, hanya untuk berburu selfie dan menikmati berbagai lukisan di sepanjang jalan menuju hutan mangrove.

"Kampung ini baru 2 minggu dibuat seperti ini dengan gotong royong masyarakat sekitar," kata salah seorang warga, Ade.

Menurutnya, ide menjadikan kampungnya menjadi kampung pelangi karena banjir yang kerap melanda permukiman warga karena kondisi rawa yang kotor. Untuk itu, ia bersama warga lainnya membuat inovasi selain indah inovasi tersebut pun menjauhkan masyarakat dari bahaya banjir.

"Kalau panjang jalannya sekira 312 meter yang dihiasi lebih dari 15 gambar biota laut seperti gurita, udang, paus, lumba-lumba dan hewan lainnya. Lokasi ini sering dijadikan tempat bermain anak-anak di sini," tuturnya.

Ketua RW 9 Kesunean Selatan, Pepep Nurhadi mengungkapkan Wali Kota Cirebon sempat mengeluarkan SK terkait predikat kampung kumuh untuk Kampung Kesunean Selatan RW 9 sekitar 2013. Namun karena kegigihan masyarakat disini yang melakukan pembenahan dan inovasi pada kampungnya bisa mengubah predikat tersebut, bahkan secara berturut- turut mulai dari 2014 hingga 2017, kampungnya berhasil meraih juara K3 tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

"Selain itu, kami juga pernah meraih predikat kampung iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2015," terangnya.

Ia menambahkan jalan pelangi ini menghubungkan kampung dan hutan mangrove. Saat ini kampungnya tengah merintis kawasan hutan mangrove. Perjuangan untuk membenahi kampungnya sangat panjang dan butuh proses yang memakan waktu lama.

"Atas kerja keras masyarakat, kini kampung kami menjadi salah satu kampung andalan Kota Cirebon untuk berpartisipasi pada perlombaan tingkat nasional," tambahnya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keindahan Pesisir Kampung Pelangi di Cirebon

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top