Sabtu, 17 November 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Keindahan Panorama Hijau Bukti Telaga Kalimantan Selatan

Senin, 08 Jan 2018 | 16:29 WIB Dibaca: 428 Pengunjung

Keindahan panorama bukit telaga.*

[NEWSmedia] - Melihat sekilas gambar rangkaian bukit yang satu ini Anda tidak akan menyangka jika keberadaannya di Kalimatan Selatan. Pasalnya, sebagian besar traveler lebih akrab dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk destinasi bukit yang menawan.

Padahal, nyatanya Provinsi Kalimantan Selatan juga memiliki rangkaian bukit yang tidak kalah indah dari bukit-bukit yang ada di Pulau Sumba, Provinsi NTT. Rangkaian bukit tersebut bernama Bukit Telang, yang akan membuat para traveler merasa seperti berada di Negeri Teletubbies.

Bagaimana tidak, ketika berada di puncak bukit, para traveler bisa menikmati pemandangan khas perbukitan, yang berupa rangkaian bukit-bukit yang disuguhi alam sekitarnya. Dari puncak bukit, traveler juga bisa menyaksikan panorama matahari terbenam dan panorama lanskap 360 derajat yang berada di sekeliling bukit.

Berada di Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kota Pelaihari, Desa Martadah, Bukit Telang menawarkan keindahan bak negeri dongeng pada para traveler. Hamparan rumput yang menghijau melambai-lambai seperti menari ketika tertiup angin memberikan kesan kedamaian tersendiri.

Tapi, sebelum bisa menikmati tarian melambai dari rerumputan di atas bukit, para traveler harus terlebih dahulu trekking selama 30 hingga 60 menit, melewati jalan setapak yang agak menanjak dan cukup menguras tenaga. Untuk itu, meskipun tidak terlalu tinggi, para traveler dianjurkan untuk membawa perbekalan air minum, karena cukup membuat kerongkongan terasa kering.

Meskipun menempuh perjalanan selama sekiranya satu jam, sepanjang perjalanan menuju puncak tertinggi bukit para traveler tidak akan kecewa atau merasa bosan. Pasalnya, mereka disuguhi pemandangan berupa hamparan rerumputan hijau yang menyegarkan mata. Barulah setelah mendaki, para traveler bisa menikmati pemandangan hamparan hijau perbukitan bak permadani menutupi dataran tinggi.

Bagi para traveler penggiat fotografi, Bukit Telang merupakan lokasi yang tepat untuk berburu foto bertema Nature Photograph, sebab pemandangan rerumputan yang terdapat di atas bukit benar-benar mengesankan dan tampak bukan sekadar rumput atau ilalang saja.

Panorama matahari terbenam dan terbitnya juga tidak bisa dianggap sepele. Warna langit di atas bukit bisa menyihir mata siapapun yang memandangnya hingga tidak bisa berkata sepatah kata pun.

Penasaran dan ingin menyapa sendiri angin serta rerumputan di atas Bukit Telang? Persiapkanlah fisik dan perbekalan perjalanan Anda, sebab untuk bisa sampai ke Kota Pelaihari, Anda harus menempuh jarak sekira 65 kilometer dari Kota Banjarmasin.

Tidak cukup sampai di situ saja, Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang melewati jalan cukup rusak di kawasan Bukit lintang, kemudian ada pula titik-titik jalan yang cukup licin dan berlubang ketika musim penghujan. Menempuh waktu sekira satu jam lamanya dari kawasan Bukit Lintang, Anda akan bertemu dengan sebuah pondokan di kaki bukit, sekaligus tempat parkir kendaraan, sebelum mendaki bukit.

Biaya menitipkan kendaraan di pondokan tersebut hanya berkisar antara Rp 5000 - Rp 10 ribu saja. Satu hal yang perlu diingat lagi, sebelum mendaki bukit atau memutuskan untuk menuju Bukit Telang, ada baiknya mempersiapkan bekal air minum dan fisik yang prima, agar bisa menikmati pemandangan Bukit Telang dengan maksimal. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keindahan Panorama Hijau Bukti Telaga Kalimantan Selatan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top