Sabtu, 15 Mei 2021 |
Pariwisata - News Gallery

Keindahan Gua Bon Swawen di Raja Ampat

Kamis, 03 Mei 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 629 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Gua Bon Swawen Kampung Saukabu merupakan salah satu gua terindah di Kepulauan Fam, Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Gua yang ornamennya masih aktif itu merupakan wisata unik yang belum banyak diketahui dan dikunjungi wisatawan yang datang ke Raja Ampat.

Praktisi Himpunan Pramuwisata Indonesia, Adi Susanto di Waisai, mengatakan, ornamen gua di Kampung Saukabu itu tampak masih hidup dan terus berkembang ke depan.

Menurut dia, ornamen gua di Kampung Saukabu itu sangat cantik dan masih hidup sehingga harus dijaga oleh masyarakat setempat karena pembentukan ornamen gua tersebut membutuhkan waktu jutaan tahun.

Ornamen stalakktik dan stalakmit hingga membentuk kolom serta flowstone atau bunga gua yang membuat pemandangan gua indah masih hidup dan akan terus berkembang ke depan sehingga tak boleh dirusak.

Gua tersebut merupakan aset wisata Kepulauan Fam Raja Ampat yang harus dipromosikan agar dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak hanya gua yang indah, kata dia, jalur pendakian menuju gua saukabu tersebut hutan alami dan terdapat berbagai jenis burung sangat mempesona.

"Namun jika gua tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan pemerintah daerah harus mengatur dengan baik cara masuk ke gua tersebut sehingga wisatawan tidak memegang ornamen gua hingga rusak," katanya. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keindahan Gua Bon Swawen di Raja Ampat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top