Rabu, 22 November 2017 |
Kesehatan - News Gallery

Lima Kutu Berbahaya yang Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

Sabtu, 15 Apr 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 783 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kutu merupakan serangga parasit yang sangat meresahkan. Kemunculan kutu, baik itu di rambut kepala maupun rambut kemaluan, memunculkan perasaan jijik dan kotor.

Tak hanya menimbulkan kesan jorok dan kotor, kutu juga bisa menggigit dan gigitannya sering kali menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 kutu yang paling sering sebabkan masalah bagi manusia:

1. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan atau pubic louse bisa tinggal di rambut kemaluan Anda. Kutu dengan nama ilmiah Phthirus pubis ini memiliki bentuk mirip kepiting sehingga dikenal juga dengan nama human crab louse.

Adanya kutu kemaluan dapat memicu gejala seperti gatal, iritasi dan bintik-bintik kecil di sekitar kemaluan. Bentuk parasit ini mirip kepiting mini yang berkeliaran di rambut kemaluan Anda.

2. Kutu lumpuh

Sesuai namanya, gigitan kutu Lxoses holocyclus bisa membuat seseorang mengalami kelumpuhan. Hal ini karena racunnya yang langsung menyerang saraf.

Tapi tenang, kelumpuhan akibat gigitan kutu ini lebih sering terjadi pada hewan daripada manusia. Yang unik, gigitan kutu ini juga bisa menyebabkan alergi daging merah.

3. Kutu Hyalomma

Kutu ini memang kurang dikenal di daerah Asia. Namun di Eropa, gigitan kutu ini sangat ditakuti karena dapat menyebabkan penyakit Crimean-Congo hemorrhagic fever (CCHF).

Menurut World Health Organization (WHO) tingkat mortalitas untuk CCHF ini mencapai 40 persen dan belum ada vaksinnya.

Kutu dari genus Hyalomma menjadi vektor utama untuk CCHF. Siklus penyebarannya mirip seperti penyakit dari nyamuk di mana hewan pertama-tama menghisap darah dari individu terinfeksi lalu kemudian menyebarkannya ketika menggigit individu lain yang masih sehat.

4. Kutu kasur

Kutu busuk (Cimex lectularius) sering juga disebut kutu kasur merupakan parasit yang menyukai darah manusia dan ia biasanya ditemukan bersarang di sekitar tempat tidur.

Gigitannya relatif tak berbahaya namun kadang bisa menyebabkan reaksi alergi yang perlu penanganan medis.

5. Kutu rambut

Kutu rambut atau Pediculus humanus capitis adalah serangga parasit yang senang menghisap darah termasuk salah satunya manusia. Kutu tinggal di rambut kepala dan akan menggigit kulit ketika ingin makan sehingga sering menimbulkan rasa gatal.

Kondisi kesehatan yang ditimbulkan kutu memang tak terlalu serius namun orang-orang sangat tak menyukainya karena rasa menjijikkan. Bila ada anak yang terkena kutu rambut, orang tua dari anak lain mungkin akan panik khawatir kutu akan berpindah. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Menumis Masakan Ternyata Bisa Ancam Kesehatan
Rabu, 22 Nov 2017 | 06:32 WIB
Menumis Masakan Ternyata Bisa Ancam Kesehatan
5 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan
Rabu, 22 Nov 2017 | 01:01 WIB
5 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan

KOMENTAR

Lima Kutu Berbahaya yang Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

BERITA TERKAIT

Top