Rabu, 02 Desember 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Kebiasaan yang Tak Disadari yang Bikin Berat Badan Kembali Naik

Rabu, 11 Apr 2018 | 01:12 WIB Dibaca: 632 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Seseorang yang berhasil menjalankan program menurunkan berat badan tentu akan merasa senang. Akan tetapi perjuangannya tidak sampai di situ. Sebab ia harus mempertahankan berat badan idealnya.

Namun tahukah Anda bila ada beberapa kebiasaan sederhana sebenarnya bisa membuat berat badan kembali naik? Malah kebiasaan itu tak jarang dilakukan tanpa disadari. Inilah kebiasaan yang bisa menambah berat badan:

Ngemil
Sebagaimana diketahui, camilan adalah salah satu makanan berkalori yang dapat menambah berat badan. Hentikan kebiasaan ngemil bila memang itu tidak benar-benar dibutuhkan. Cobalah dengarkan kebutuhan tubuh Anda. Jika tubuh tidak merasa lapar maka Anda tidak perlu meraih setoples keripik agar asupan kalori harian tidak bertambah.

Makan sambil memasak
Banyak orang yang akan mencicipi masakannya di tengah-tengah proses memasak. Jika dilakukan terus menerus, sebenarnya itu membuat perut tidak begitu lapar. Akan tetapi saat masakan siap orang cenderung tetap memakannya. Dengan begitu jumlah kalori yang dikonsumsi menjadi lebih banyak dari yang seharusnya.

Menambahkan kalori tersembunyi
Adakah di antara Anda yang harus makan dengan saus? Bila ada, tahukah Anda bila saus juga mengandung kalori yang dapat memengaruhi berat badan? Begitu juga dengan pelengkap lainnya. Maka dari itu, perhatikan selalu makanan yang Anda ambil sebelum memakannya. Jika dianggap jumlah kalorinya berlebih Anda bisa mengurangi porsinya.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan sehat
Buah-buahan dan kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang sering disarankan untuk dikonsumsi. Namun yang perlu diingat adalah kedua makanan tersebut juga mengandung kalori. Jangan hanya karena dianggap makanan sehat maka Anda bebas makan sebanyak apapun itu. Sebab kalori yang berlebihan dapat menambah berat badan.

Duduk sepanjang hari
Mungkin jumlah kalori yang Anda konsumsi sudah sesuai kebutuhan. Akan tetapi bila Anda hanya duduk sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas fisik itu sama saja tiada artinya. Kurangnya aktivitas juga bisa membuat berat badan bertambah.

Meminum minuman berkalori
Hampir sama dengan makanan sehat yang terlalu banyak dikonsumsi, minuman berkalori biar pun bentuknya cair tetap bisa memengaruhi berat badan. Segelas jus, minuman ringan, dan kopi yang mengandung gula atau susu tambahan termasuk di antaranya. Semuanya mengandung gula sehingga berkalori tinggi yang apabila tidak dibakar bisa menjadi lemak di tubuh.

Berbelanja dengan perut kosong
Ingatlah untuk selalu mengisi perut sebelum berbelanja. Sebab biar pun terlihat sederhana kegiatan tersebut juga menguras tenaga. Bila Anda memilih barang dengan perut kosong besar kemungkinan sehabis kegiatan belanja selesai Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kebiasaan yang Tak Disadari yang Bikin Berat Badan Kembali Naik

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top