Minggu, 13 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Kebiasaan Buka Puasa yang Bisa Bikin Asam Lambung Naik

Rabu, 31 Mei 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 1559 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Saat asam lambung naik, rasanya tentu bikin tidak nyaman. Mual, perut kembung, hingga rasa perih di bagian perut dan dada. Keluhan ini bisa muncul akibat kebiasaan sepele saat berbuka puasa.

Berikut ini kebiasaan yang bisa bikin asam lambung naik dan menimbulkan rasa tidak nyaman:

- Kalap Saat Buka Puasa
Menahan lapar dan haus seharian bisa jadi membuat seseorang lapar mata saat mencari makanan untuk buka puasa. Kemudian saat bedug maghrib terdengar, semua makanan yang dibeli dimakan dengan kalap.

Padahal jika makan langsung banyak akan membuat pencernaan langsung bekerja keras. Akibatnya bisa muncul aneka masalah pencernaan, tak terkecuali asam lambung yang naik. Apalagi jika setekah makan banyak yang bersangkutan tidur-tiduran.

Agar tidak menimbulkan masalah pencernaan, berbukalah perlahan-lahan. Mulailah makan dengan makanan ringan dalam porsi kecil. Selanjutnya hentikan kegiatan makan untuk melaksanakan ibadah salat maghrib.

Konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari FKUI/RSCM Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, menyarankan makanan utama bisa dimakan setelah salat maghrib dan sebelum salat tarawih. Tapi ingat, jangan berlebihan.

"Budaya 'balas dendam' dengan berpikir untuk menggandakan makan siang dan makan malam saat berbuka harus dihindari," kata dr Ari beberapa waktu lalu dalam keterangan tertulis yang dikirimkan Health Philips Indonesia.

- Berbuka dengan Daging
Makan daging sah-sah saja. Tapi jika Anda berbuka puasa dengan makan daging dalam jumlah banyak, hati-hati bisa mengakibatkan kekambuhan asam lambung.

Dijelaskan dr Ari, konsumsi daging berlebih bisa membuat kadar lemak pada jantung lebih tinggi. Akibatnya, kerja jantung untuk memompa darah akan lebih berat.

Jika seseorang kebetulan memiliki penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit di mana asam atau isi lambung balik arah ke atas, maka GERD-nya akan bertambah parah setelah mengonsumsi daging berlebihan.

Daging penting lantaran menjadi sumber protein, tapi jangan lupa diimbangi dengan makan buah dan sayur untuk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan. dr Ari menambahkan sayur dan buah-buahan akan mengurangi serapan kolesterol di usus halus.

- Berbuka dengan Makanan Terlalu Pedas
Bagi penggemar makanan pedas, salah satu hal yang paling menyenangkan adalah makan makanan yang mengandung banyak cabai. Tapi hati-hati, berbuka dengan makanan terlalu pedas bisa memicu refluks asam lambung.

Dr Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD dari Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus beberapa waktu lalu menyarankan untuk menghindari kekambuhan naiknya asam lambung hendaknya menghindari terlalu banyak konsumsi makanan asam dan pedas. Perlu diingat, masakan pedas selain menaikkan suhu tubuh, juga bisa memicu mulas.

Selain mengurangi asupan asam dan pedas, sebaiknya perbanyak sayuran dan minum air putih pada saat berbuka puasa.

- Minum Kopi
Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan. Akan tetapi sebaiknya tidak berbuka puasa dengan minum kopi manis. Karena kopi dikhawatirkan bisa mengakibatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Dr Duddy Mulyawan Djajadisastra, SpPD, FINASIM dari RS Bethsaida beberapa waktu lalu menjelaskan kopi saja sudah bisa meningkatkan jumlah asam lambung. Apapun jenis kopinya, entah itu kopi tubruk atau kopi instan, sama-sama dapat berefek pada naiknya asam lambung.

Ini bukan berarti tidak boleh minum kopi lho. Tetap boleh minum kopi, tapi sebaiknya diberi jeda waktu. Selain itu jangan minum secara berlebihan.

- Berbuka dengan Minum Terlalu Manis dan Dingin
Minuman manis dan dingin biasanya jadi minuman untuk berbuka puasa yang paling dicari. Tapi ingat jangan sampai terlalu manis dan dingin. Gabungan kedua hal ini bisa memicu naiknya asam lambung/

Rita Ramayulis DCN, MKes, ahli gizi sekaligus dosen di Politeknik Kesehatan II Jakarta menuturkan terlalu banyak makan makanan manis dan dingin akan meningkatkan produksi asam lambung dan membuat mag kambuh.

"Asam lambung akan diproduksi ketika mengonsumsi makanan yang ekstrem, terlalu manis itu ekstrem. Gula yang kita tambahkan dalam cairan tidak boleh melebihi 10 persen, cairan 200 cc gula nggak boleh lebih dari 20 gram atau 2 sdm datar. Kalau manis lebih dari itu ditambah sirup dan susu kental manis bisa merangsang produksi asam lambung," papar Rita beberapa waktu lalu. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kebiasaan Buka Puasa yang Bisa Bikin Asam Lambung Naik
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top