Sabtu, 25 November 2017 |
News Room - Peristiwa

Kebakaran di Pemukiman Baduy Luar Diduga dari Tungku Masak Gula Aren

Rabu, 24 Mei 2017 | 11:09 WIB Dibaca: 556 Pengunjung

Kebakaran di pemukiman warga Baduy Luar, Rabu (23/5/2017) malam.

LEBAK, [NEWSmedia] - Kebakaran hebat yang menghanguskan 84 rumah adat milik warga Baduy Luar, Kampung Cisaban RT 02 RW 06, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten, mengakibatkan sekitar 105 kepala keluarga harus mengungsi ke kampung-kampung di sekitarnya.

"84 rumah yang habis terbakar. Sementara orang-orangnya masih pada bingung. Terus kita kasihan belum bisa nanya-nanya. Baru dapat informasi itu yang terbakar rumahnya," kata Sarpin dari Kasi Pemerintahan Desa Kanekes, Rabu (24/5/2017).

Sarpin yang saat ini masih berada di kampung Cisaban melaporkan rumah di kampung tersebut hangus terbakar secara keseluruhan. Ada tenda darurat yang digunakan untuk penduduk yang ingin mengungsi. Tapi sebagian besar warga mengungsi ke kampung-kampung lain yang masih di kawasan Baduy Luar.

"Pokoknya rumah hangus semuanya," tegas Sarpin.

Untungnya, ia juga mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran yang menganguskan 84 pemukiman Baduy tersebut. "Hanya ada satu korban luka ringan," ucapnya.

Sarpin menyebutkan, penyebab api diduga berasal dari tungku masak di salah satu rumah warga. Dari situ, api kemudian menjalar ke rumah-rumah di sampingnya sampai menghanguskan 84 rumah.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan 70 Rumah Suku Baduy Luar

"Dari tungku masak, diperkirakan seperti itu. Rumah siapa? Saya belum ngecek soalnya masih belum bisa menjawab masyarakatnya. Informasi pertama dari tungku," terangnya.

Namun, selain rumah, Sarpin dan tim dari pengurus desa Kanekes masih melakukan pendataan terkait terbakarnya lumbung padi milik warga. Diperkirakan ada 200 an leuit (lumbung) yang terbakar dan saat ini masih belum padam karena masih terbakar.

"Informasinya sekitar 200an tapi akuratnya masih belum ngitung. Pada masih panas leuit (lumbung) juga terbakar. Kita juga masih belum ngobrol," tandas Sarpin.

Sarpin mengatakan saat ini pihak kepolisian Polres Lebak dan BPBD sudah mulai berdatangan ke lokasi Kampung Cisaban Baduy Luar. Lokasi Kampung Cisaban sekitar 20 kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Kebakaran di Pemukiman Baduy Luar Diduga dari Tungku Masak Gula Aren
Top