Rabu, 28 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Sarapan Putih Telur Bagi Kesehatan

Jumat, 05 Jan 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 513 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Telur menyediakan salah satu protein dengan kualitas terbaik dari banyak pilihan makanan lain. Apalagi bagian putih telurnya yang punya banyak manfaat bila dikonsumsi.

Selain protein, putih telur mengandung 18 vitamin dan mineral. Ada juga nutrisi mikro seperti kolin, lutein dan zeaxanthin. Sementara itu, putih telur mengandung lebih dari separuh protein.

Bagian putih telur mengandung riboflavin dan selenium, serta rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Maka putih telur baik untuk dikonsumsi semua orang, terutama bagi penderita diabetes atau mereka yang menderita penyakit jantung. Tidak hanya rasanya enak tapi juga sarat dengan kebaikan nutrisi.

Berikut adalah 6 manfaat kesehatan saat kita makan putih telur.

1. Baik untuk wanita hamil
Wanita hamil yang mengonsumsi lebih banyak putih telur selama kehamilannya dapat mencegah bayi lahir prematur dan dengan berat lahir rendah. Dalam dietnya disarankan untuk makan putih telur matang supaya merasakan manfaatnya, apalagi jelang proses persalinan.

2. Otot jadi lebih kuat
Protein sangat penting untuk membangun otot yang kuat, salah satunya bisa didapatkan dengan makan putih telur. Kebiasaan makan sehat in dapat juga diterapkan oleh seorang atlet atau pecinta olahraga berat, karena lebih mudah meningkatkan massa otot.

3. Tingkatkan fungsi otak
Putih telur mengandung kolin, nutrisi makro yang membantu dalam proses pembentukan fungsi otak. Putih telur mendukung fungsi saraf dan otak dan juga membantu dalam detoksifikasi. Tak ada salahnya Anda makan putih telur, terutama pada anak-anak agar daya ingatnya bertambah.

4. Cegah kolesterol
Putih telur tidak memiliki kolesterol sama sekali, sehingga aman dikonsumsi. Jangan khawatir makan banyak putih telur dari ancaman penyakit kronis seperti jantung.

5. Jaga kesehatan kulit
Putih telur sejatinya mengandung kolagen di dalam membrannya. Jika Anda ingin punya kulit sehat dan cerah, perbanyak makan putih telur agar mencegah kulit keriput di usia muda.

6. Cegah kelelahan
Karena banyak mengandung mineral, putih telur bisa mengatasi rasa lelah dan membantu seseorang tidur nyenyak. Bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi dan mudah diolah menjadi apa saja, terutama untuk makanan pagi hari. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Sarapan Putih Telur Bagi Kesehatan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top