Senin, 26 Februari 2018 |
News Room

Kapolri Ancam Bubarkan Aksi Bela Islam Jilid III

Jumat, 25 Nov 2016 | 16:21 WIB Dibaca: 1065 Pengunjung

Kapolri Jenderal Tito Karnavian di sela-sela acara Istigosah Akbar di Masjid Al-Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (25/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan kepolisian akan membubarkan Aksi Bela Islam III pada 2 Desember 2016 jika pada pelaksanaannya melanggar syarat dan ketentuan berunjuk rasa.

Rencananya, Aksi Bela Islam III akan diawali Salat Jumat berjamaah seluruh massa aksi di jalan protokol Jenderal Sudirman.

"Kalau di jalan raya dan protokol, dalam pandangan kepolisian, itu jalanan milik umum," kata Tito ditemui usai acara Istigosah Akbar di Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Jumat (25/11/2016).

Tito menegaskan, setiap aksi unjuk rasa memiliki batasan yaitu menghargai hak asasi orang lain. Oleh karena itu, kata Kapolri, aksi salat Jumat di jalan protokol akan mengganggu kenyamanan umum.

Baca juga: Berita

Ia juga mengatakan, tidak melarang adanya aksi unjuk rasa apabila dilakukan sesuai dengan peraturan. Tito pun mengimbau Aksi Bela Islam 2 Desember nanto dilaksanakan sesuai ketentuan dan aturan.

"Jadi silakan berunjuk rasa, tapi cari tempat yang tepat," kata mantan Kepala Densus 88 Mabes Polri yang pernah menjadi Kapolres Serang ini.

Tito mengungkapkan, kegiatan demonstrasi diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat di Muka Umum. Namun ada beberapa syarat berunjuk rasa yang diatur pada pasal 6 di dalam undang-undang tersebut.

"Apabila aturan tersebut dilanggar peserta aksi, polisi dapat membubarkannya sesuai dengan ketentuan pasal 15 UU Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat di Muka Umum, lantaran dalam pasal itu, unjuk rasa yang melanggar pasal 6 dapat dibubarkan kepolisian," terangnya. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kapolri Ancam Bubarkan Aksi Bela Islam Jilid III

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top