Minggu, 23 September 2018 |
News Gallery - Tekno

Kapan Rantai Atau V-Belt Motor Harus Diganti? Ini Tipsnya

Sabtu, 20 Jan 2018 | 13:12 WIB Dibaca: 1317 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Rantai motor bebek maupun v-belt motor matik pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Keduanya berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan roda belakang.

Meski demikian, bukan berarti rantai bebek dan v-belt matik memiliki kesamaan terkait masa pergantian. Pada umumnya, pergantian v-belt matik disarankan dilakukan usai menempuh jarak 24.000 sampai 25.000 kilometer. Namun hal ini dianggap tidak berlaku untuk rantai motor.

Kepala Bengkel Yamaha Amie Jaya Motor Depok, Sutisna menilai pergantian rantai bebek tidak didasarkan pada jarak tempuh tertentu. Tapi lebih ke kondisi sesuai pemakaian. Jadi kalau rantai memang sudah aus disarankan untuk segera diganti. Walaupun dengan jarak tempuh yang minim. Agar rantai lebih awet, Sutisna menyarankan agar pengguna motor bebek rajin melumasi rantai.

"Kalau matik tiap 25.000 ganti belt. Kalau rantai tergantung pemakaian aus atau tidaknya. Tapi kalau rantai rajin diminyakin biasanya akan awet," kata Sutisna.
    
Sementara itu, Syamsuddin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok, menilai, cara untuk mengecek sudah harus diganti atau tidaknya rantai bisa dilihat dari kondisi gir. Jika gerigi pada gir sudah terlihat tumpul, maka sudah waktunya bagi pemilik menggantinya.

Gir maupun rantai sendiri biasanya dijual satu set. Untuk proses pemakaian motor yang paling minim, Syamsuddin menyarankan pemilik untuk mengganti rantai setiap 18.000 kilometer.

"Kalau matik di 24.000 baru ganti beltnya. Tapi di bebek lebih cepat. Bisa 18.000 kilometer rantai girnya sudah harus ganti," ucap Syamsuddin. [kpc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kapan Rantai Atau V-Belt Motor Harus Diganti? Ini Tipsnya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top